Sugar Glider Hewan Peliharaan Lucu yang Menggemaskan

Sugar Glider – Baiklah kali ini Keepsoh.com akan membahas mengenai binatang peliharan yang berasal dari Indonesia bagian timur yang sangat menggemaskan. Sebenarnya saya bingung darimana saya akan memulainya. Karena kali ini membahas penjelasan tentang sugar glider, kita pakai saja kaida dalam pencarian berita yaitu 5W1H,What (Apa), Where (Dimana), Who (Siapa),Why (Mengapa), When (Kapan) dan How (Bagaimana). Ok Let’s Check Keepsoh!!

Apa Itu Sugar Glider?

Sugar glider
thespruce.com

Sugar glider memiliki nama latin Petaurus Breviceps, kebanyakan orang berpendapat bahwa binatang ini adalah sebangsa tikus, bajing (tupai terbang), kelelawar ataupun hewan pengerat lainnya, karena sugar glider memiliki ukuran tubuh yang kecil dan memiliki kantong menyerupai bajing.

Pendapat tersebut sepenuhnya salah, karena sugar glider merupakan marsupial dari keluarga mamalia. Marsupial adalah mamalia yang kelamin betinanya memiliki kantung di perut yang biasanya dikenal orang dengan hewan berkantung. Contohnya dapat kita lihat pada kangguru, jadi sugar glider juga termasuk binatang sebangsa kangguru.

Sugar glider memiliki bentuk yang sangat imut dan juga menggemaskan, pintar dan juga lucu, jadi tak heran jika banyak orang menjadikannya sebagai binatang peliharaan layaknya kelinci, hamster dan kucing.

Dinamakan sugar glider karena binatang imut ini sangat menyukai makanan yang manis dan membran yang membuat mereka bisa meluncur (glider), karena itu dinamakan dengan Sugar Glider.

Sugar Glider ini memiliki bulu berwarna abu-abu dan juga berwarna krem pada dadanya, dengan garis hitam disepanjang tulang belakangnya. Ekor sugar glider menjadi penyeimbang saat meluncur.

Bagaimana Cara Memelihara Sugar Glider?

Sugar glider
thespruce.com

Sugar glider termasuk hewan peliharaan yang memiliki perawatan yang mudah. Kamu harus rutin mengecek kandang dan juga mengajaknya untuk bermain. Ini bertujuan untuk melatih sugar glider lebih mengenal pemilikna. Sugar glider juga butuh waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan saat pertama kali dipelihara.

Pelajarilah karakteristik sugar glider sebelum kamu memeliharanya, karena tidak sedikit orang yang mencoba memeliharanya gagal karena tidak bisa merawat sugar glider. Kandang untuk sugar glider tidak jauh beda dengan kandang hamster, jika sugar glider memiliki ukuran yang besar maka besar juga kandangnya.

Taruh kandang sugar glider pada tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung, perhatikan juga sirkulasi uda yang masuk. Di dalam kandang isi dengan roda (wheel) untuk mainan dan ranting kayu. Sugar glider juga termasuk ke dalam binatang yang sangat aktif, gunakan mainan dengan bahan kayu.

Jangan lupa untuk menambahkan tempat untuk sugar glider tidur didalam kandang (cage pouch), jangan juga cuci kandang secara teratur. Sugar glider merupakan binatang Insektivora, pemakan serangga. Dan merupakan hewan yang cenderung aktif pada malam hari atau disebut juga dengan hewan nokturnal.

Sugar glider sangat menyukai makanan yang manis dan merupakan makanan favoritnya. Bisa diberi makan bubur bayi atau buah-buahan. Sugar glider termasuk ke kategori binatang yang bersih, jadi tidak perlu perawatan yang berlebih seperti kucing yang harus ke salon untuk membersihkannya. Cukup hanya dengan mengusap badannya dengan tisu basah (non alkohol) ke badannya.

Dimana Habitat Asli Sugar Glider?

Sugar glider
leard.frontlineaction.org

Sugar glider berhabitat di daerah Indonesia bagian Timur, Papua, Halmahera, Maluku dan juga di Australia. Kini hewan ini sudah menyebar hingga ke Amerika dan Eropa sebagai hewan peliharaan karena orang yang memeliharanya menganggapnya eksotik.

Di dalam liar sugar glider biasa ditemukan di pohon eukaliptus dan akasia, dari kedua pohon tersebut sugar glider liar memakan getahnya. Sugar glider ini termasuk sulit untuk ditemukan pada alam liar, berkisar 1 koloni/1000 meter di atas pohon. Musuh dari sugar glider diantaranya yatu, burung hantu, musang, iguana, dan quoll.

Kapan Mulai Memelihara Sugar glider?

Sugar glider
pinterest.com

Sebaiknya sugar glider dipelihara mulai semenjak kecil, berkisar 1,5 hingga 2 bula. Dengan begitu akan membuatnya lebih mudah untuk jinak saat dewasa, semenjak kecil sudah mengenal bau badan pemeliharanya.

Saat membeli sugar glider, belilah sugar glider kecil (joey), masih jinak walaupun menggigit tetapi tidak terlalu sakit. Hindari memelihara sugar glider dewasa karena gigitannya sakit dan juga sulit untuk dijinakkan.

Siapa Saja Yang Bisa Memelihara Sugar Glider?

Sugar glider
celotehgara.hol.es

Sugar glider merupakan hewan peliharaan yang sangat cocok untuk dipelihara oleh semua umur, mulai dari umur 7 tahun hingga orang dewasa. Sugar glider juga memiliki umur yang panjang yaitu 10 hingga 15 tahun, untuk anak-anak yang memlihara sugar glider perlu diawasi oleh orang dewasa.

Sugar glider juga sering menggigit saat dia belum akrab dengan pemeliharanya. Untuk menghindari gigitannya, pilihlah sugar glider anakan (joey).

Mengapa Harus Sugar Glider?

sugar glider
sugalgliderinfo.org

Untuk kamu yang sudah terbiasa memelihara hewan peliharaan seperti kucing, hamster, kelinci dan hewan lainnya cobalah untuk memelihara sugar glider dan rasakan perbedaannya. Sugar glider tergolong hewan yang memiliki tingakatan lebih dari jinak atau biasa disebut juga dengan bonding, memiliki ikatan dengan sang pemelihara.

Sugar glider ini sudah menghafal bau tubuh dari pemeliharanya. Dia akan mengikuti kemanapun sang pemelihara pergi, seperti menempel di badan. Makanan untuk sugar glider tidaklah mahal. Sugar glider memiliki daya ingat yang tinggi. Sebaiknya dipelihara sejak kecil dengan umur 2 bulan.

Dengan begitu akan lebih mudah untuk menjinakannya. Karena sugar glider akan mengenali kita dari kecil. Kamu bisa mengajaknya pergi kemana-mana dengan memasukkannya ke dalam saku baju atau tas khusus untuk sugar glider.

Kendala Memelihara Sugar Glider

Sugar glider
thespruce.com

Saat kita memiliki hewan peliharaan, tentunya pasti ada kendala, walaupun itu kucing sekalipun. Begitu juga dengan sugar glider, banyak harus kita lalui, terutama komitmen kita dalam memliharanya, sugar glider yang sudah berumur sekitar 15 tahun itu bukanlah waktu yang singkat.

Untuk kamu yang baru menjadi “Pecinta Dadakan” yang hanya hanya menyukai imutnya saja, sebaiknya kamu harus berpikir ulang apabila berkeinginan memelihara sugar glider. Berikut ini beberapa hal yang wajib kamu perhatikan:

1. Bau dan kotoran yang ditimbulkan sugar glider

Sugar glider lucu
thespruce.com

Sugar glider merupakan hewan yang tidak bisa untuk dilatih buang air ditempat pembuangan layaknya seperti kucing. Kamu harus memperhatikan waktu-waktu sugar glider membuang kotrannya, berkisar 4 hingga 5 jam sekali. Bahkan sugar glider ini tidak jarang pula akan buang air di badanmu, sudah menjadi hal yang umum untuk hewan dari alam liar menggunakan sebagai tanda wilayahnya, jadi badanmu merupakan wilayahnua, jangan heran/kaget jika sering “dikencingi”nya.

2. Sugar glider terkadang menggigit

Sugar glider gigit
suggieblues.com

Sejinak apapun sugar glider yang kamu pelihara, terkadang menggigit. Gigitan sugar glider tidak terlalu sakit, saat dia hanya ingin bermain. Tapi saat pertama kali sugar glider mengenal manusia, sugar glider dewasa yang sudah terbiasa di alam liar akan menggigit sebagi pertanda pertahanan diri.

Gigitan ini ddapat menimbulkan luka yang cukup serius. Jadi sekali lagi saya ingatkan agar mengusahakan untuk pertama kali memelihara sugar glider, peliharalah sugar glider joey yang berusia lebih kurang 2 bulan.

3. Mengorbankan waktu

Sugar glider adalah hewan yang memiliki sifat manja yang harus sering dimanjakan dan ditemani. Tentunya waktumu akan banyak tersita untuk mengurus hewan peliharaan lucu ini. Kamu tentunya harus berpikir matang-matang sebelum benar-benar memelihara sugar glider, terutama saat masih belum bonding, belum memiliki ikatan denganmu. Butuh penanganan dan kesabaran yang ekstra supaya bisa jinak dan bonding.

4. Sugar glider memiliki suara bising

Seperti yang sudah ditulis diatas, sugar glider adalah hewan nokturnal, yang beraktivitas pada malam hari. Jadi sering kali sugar glider mengeluarkan suara yang bising dan berisik di malam hari. Suara seperti geraman/gonggongan anak anjing, mungkin karena mereka kesepian.

Untuk mengatasinya buatlah kandang dengan ukuran yang besar yang memiliki banyak arena bermain dan tempat bergelantungan untuk si sugar glider dan akan lebih baik lagi apabila kamu memeliharanya berpasangan supaya tidak kesepian.

 

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai sugar glider dari A sampai Z, apabila kamu merasa tertarik dan siap untuk menerima semua resikonya, silahkan untuk memeliharanya, jika perlu ternak sugar glider sekalian, akan tetapi sebaliknya apabila dirasa tidak sanggup sebaiknya jangan untuk kebaikan sugar glider dan tentunya untuk diri kita sendiri.

Tulisan ini masih kurang lengkap. Mungkin para pembaca ada yang mau bertanya atau menambahkan silahkan.

Terima Kasih….Semoga bermanfaat..

 

Jangan Lupa Share ya..!!

 

Tinggalkan komentar