Sejarah Permainan Bola Voli Di Dunia dan Di Indonesia

Sejarah Bola Voli Olahraga yang memakai bola beragam macamnya. Salah satunya yaitu olahraga bola voli. Kalian pasti pernah mendengar dan mengetahui olahraga ini bukan? Namun tahukah kalian mengenai sejarah bola voli ini?

Bola voli adalah salah satu olahraga yang sangat dikenal dan populer di Indonesia maupun di tingkat Internasional. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan, setiap tim beranggota enam orang pemain. Seperti apakah perkembangan dan sejarah bola voli?

Lalu apa saja peraturan dan teknik dalam bermain bola voli? Untuk menjawab beberapa pertanyaan umum tersebut, mari kita simak artikel berikut ini.

Awal Mula Ditemukannya Olahraga Bola Voli

Olahraga bola voli ini berada dibawah naungan Federation Internatonale de Volleyball (FIVB) yang merupakan induk organisasi dari Voli Internasional. Sedangka di Indonesia sendiri bola voli berada dibawah naungan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Sekarang telah banyak Klub-klub lokal yang memiliki kulitas yang bagus dan juga menghasilkan pemain muda yang bertalenta.

Permainan bola voli pertama kali ditemukan oleh seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan pada 9 Februari tahun 1895 di Holyoke, Massacusetts, Amerika Serikat. Pada mulanya olahraga ini dikenal dengan nama Mintonette, yang diajarkan oleh Morgan pada sebuah organisasi, yaitu Men’s Christian Association (YMCA).

Pada mulanya Morgan berjumpa dengan James Naismith (Penemu olahraga Bola basket), karena dia terinspirasi oleh James Naismith akhirnya Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang diberi nama Mintonette (bola voli) empat tahun setelah adanya permainan bola basket.

Mintonette sendiri mengadopsi dan menggabungkan beberapa olaharga seperti, tenis, bola basket, baseball dan bola tangan.

Perubahan Nama Menjadi Bola Voli

Pada awalnya mintonette diciptakan khusus untuk anggota YMCA yang sudah menginjak umur dewasa, perubahannama menjadi Volley Ball (Bola Voli) terjadi pada tahun 1896, tepatnya di sebuah pertandingan pertamanya pada event International YMCA Training School.

Pada event tersebut Morgan menerangkan permainan Bola Voli di depan semua instruktur Pendidikan Jasmani, dengan membawa dua tim yang setiap tim terdiri dari lima anggota. Ia menjelaskan bahwa permainan Bola Voli ini merupakan permainan yang bisa dimainkan di dalam ataupun diluar ruangan dan ia juga mengatakan bahwa permainan ini dapat dimainkan oleh banyak pemain.


Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Permainan bola voli ini masuk di Indonesia pada masa penjajahan kolonial Belanda tahun 1928. Akan tetapi pada saat itu permainan ini hanya bisa dimainkan oleh para bangsawan dan orang-orang Belanda. Pada masa itu yang mengembangkan olahraga di Indonesia yaitu guru-guru Pendidikan jasmani yang berasal dari Belanda.

Selain melewati Pendidikan jasmani, permainan bola voli juga berkembang berkat jasa para anggota tentara yang sering bermain bola voli di asrama dan di lapangan terbuka, mereka juga sering mengadakan perlombaan antar regu.

Olahraga bola voli berkembang dengan sangat pesat di Indonesia. Terdapat banyak klub yang bermunculuan di kota-kota besar di Indonesia melahirkan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada tanggal 22 Januari tahun 1955. Pada waktu itu juga diadakan pertandingan Bola Voli yang pertama kalinya diadakan di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Indonesia

Peraturan Permainan Bola Voli

Dari sejarah bola voli, olahraga ini juga memiliki peraturan yang cukup mudah untuk dipahami. Sedangkan tujuan dari olahraga voli ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net dengan maksimal 3 kali sentuhan dan menjaga bola agar tidak jatuh ke dalam wilayah tim sendiri. Peraturan tersebut terbagi menjadi perhitungan angka, sistem pertandingan, larangan dalam permainan bola voli, ukuran lapangan bola voli dan ukuran bola voli.

  Sejarah Pramuka

a.  Perhitungan Angka Dalam Bola Voli

Untuk sistem perhitungan poin biasanya hingga salah satu tim mencapai poin maksimal 22 dalam satu set pertandingan dan harus terdapat selisih 2 poin. Dalam satu pertandingan biasanya dilakukan 3 set (2 kemenangan) atau 5 set (3 kemenangan) tergantung dari standar yang dipakai.

  • Jika bola jatuh di daerah lawan maka tim kita akan mendapatkan nilai, dan apabila bola jatuh di daerah tim kita maka tim lawan akan mendapatkan poin.
  • Jika tim kita mengeluarkan bola maka tim lawan akan mendapatkan poin dan begitu sebaliknya.
  • Jika melakukan serve tidak melewati net atau keluar dari daerah lawan maka lawan akan mendapatkan poin dan begitu sebaliknya jika tim lawan gagal melakukan serve maka tim kita akan mendapatkan poin.

b. Sistem Pertandingan Bola Voli

Pada pertandingan bola voli terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya adalah;

  • Setiap tim terdiri dari 10 pemain dengan 6 pemain inti dan 4 sebagai cadangan.
  • Minimum jumlah pemain di lapangan adalah 4 orang.
  • Jika jumah pemain kurang dari 4 orang maka tim tersebut dinyatakan gugur.
  • Pergantian pemain bebas, tidak terbatas.
  • Pertandingan berlangsung 3 babak (2 kemenangan) atau 5 babak (3 kemenangan)
  • Sistem perhitungan poin menggunakan sistem rally dengan 25 poin. Apabila terjadi poin seri 24-24 maka akan diberikan tambahan sehingga terjadi selisih 2 poin.

c. Larangan Pada Permainan Bola Voli

Kesalahan kesalahan dalam permainan Bola Voli yang tidak boleh dilakukan oleh pemain adalah sebagai berikut;

  • Pemain menyentuh net atau melewati batas tengah lapangan, jika hal ini terjadi maka tim lawan akan mendapatkan poin.
  • Bola yang keluar lapangan belum dihitung Out jika belum menyentuh permukaan lapangan, pemain masih bisa mengejar dan menyelamatkan bola sebelum jatuh ke permukaan lapangan.
  • Saat melakukan serve dilarang melewati garis maupun menginjaknya.
  • Semua bagian tubuh boleh untuk memantulkan bola.
  • Bola tidak boleh ditangkap ataupudigunakan n dilempar melainkan harus dipatulkan.
  • Setiap tim hanya diperbolehkan melakukan 1 kali timeout dalam satu babak.
  Sejarah Bola Basket

d. Ukuran Lapangan Bola Voli

Pada umumnya lapangan Bola Voli adalah 9 m x 18 m. Lebar garis batas serang untuk pemain yang berada di belakang yaitu 3m dari garis tengah. Garis tepi lapangan adalah 5m.

Tinggi net untuk putera 2,43m dan untuk puteri 2,24m. Lebar net adalah 1 meter, dan jarak tiang ke garis tepi lapangan adalah 0,5m-1m.

e. Ukuran Bola Voli

Ukuran standar Bola Voli yaitu memiliki keliling 65 – 67 cm dengan berat 260 – 280 gram. Tekanan udara standar yaitu 0,30 – 0,325 kg/cm­­2.

Permainan Bola Voli merupakan olahraga yang diminati banyak orang. Selain mudah dilakukan, peraturannya pun mudah dipahami. Apabila dilihat dari sejarah bola voli, olahraga ini sangar mudah diterima oleh masyarakat sehingga perkembangannya sangat pesat.

Di Indonesia sendiri Bola Voli merupakan salah satu cabang olahraga terbesar menyaingi Sepak Bola, Bola Basket, futsal, dll.

Seiring perkembangan sejarah Boa Voli, maka tehnik – tehnik dalam melakukan olahraga ini pun semakin berkembang. Setiap masanya selalu bermunculan klub – klub hebat dengan pemain penuh talenta menghiasi kancah olahraga Indonesia maupun internasional.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kalian berminat menjadi salah satu atlit dari cabang olahraga Bola Voli ini? Jika anda berminat maka cari ah informasi lebih lanjut mengenai tehnik dan pelatihan untuk bermain Bola Voli.

Sekian pembahasan tentang sejarah bola voli dan peraturan Bola Voli, semoga bermanfaat bagi kita semua. Semoga perkembangan olahraga ini di Indonesia semakin maju dan dapat menciptakan prestasi di tigkat internasional.

Sejarah Bola Voli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *