Permainan Tradisional Jawa Timur Beserta Cara Bermainnya

Permainan Tradisional Jawa Timur – Jawa Timur merupakan salah satu nama provinsi yang terdapat di pulau Jawa, Jawa Timur terletak di Pulau Jawa bagian Timur, disana terdapat sangat banyak budaya yang ada pada provinsi ini, salah satunya yaitu permainan tradisional yang terdapat di Jawa Timur, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Permainan Tradisional Jawa Timur Jamuran

Permainan Jamuran
tandapagar.com

Jamuran adalah permainan yang berasal dari Jawa Timur. Permainan tradisional yang satu ini biasa dimainkan oleh anak perempuan maupun laki-laki, permainan jamuran ini biasanya dimainkan di waktu sore hari di halaman, lapangan atau tempat yang mempunyai luas yang cukup besar untuk bermain permainan ini.

Cara memainkan permainan ini tidak begitu sulit, karena untuk bermain permainan ini kamu tidak perlu menggunakan alat atau benda apapun, kamu hanya perlu mengikuti permainan, sebagai syarat dari permainan hanya cukup dengan minimal 8 pemain atau lebih, jika pemain banyak permainan akan seru.

Pertama tentukanlah pemain yang akan berperan sebagai jamur, caranya bisa dengan berunding atau homponpah, setelah selesai menentukan jamur bentukalah lingkaran dan pemain yang menjadi jamur berdiri di tengah-tengah lingkaran tadi.

Pemain lainnya mengelilingi jamur sambil berjalan dengan diiringi nyanyi dan tepuk tangan mengikuti irama. Apabila nyanyian sudah selesai maka jamur akan mengatakan sesuatu dan nantinya semua pemain yang berbaris melingkari jamur harus mengikuti dan menuruti perintahnya.

Misalkan jamur berkata “jamur bangunan” maka nantinya pemain yang melingkar tadi akan berhamburan dan membentuk sebuah bangunan. Pemain yang tidak berubah menyerupai bangunan akan menggantikan peran pemain yang menjadi jamur.

Apalagi jika jamur mngatakan kata “jamur patung” makan pemain harus berubah seolah-olah menjadi patung dan tidak dieprbolehkan untuk bergerak, apabila ada yang bergerak maka akan menggantikan peran pemain yang menjadi jamur.

2. Permainan Tradisional Jawa Timur Lompat Karet

Permainan Tradisional Jawa Timur
Permainan Lompat Karet

Lompat karet adalah salah satu permainan tradisional yang cukup populer dan umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan Jawa Timur, permainan ini sebenarnya bukan asli berasal dari Jawa Timur, akan tetapi permainan ini menjadi permainan yang populer di Jawa Timur.

Permainan lompat karet umumnya memang oleh anak perempuan, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk anak laki-laki memainkan permainan ini, karena permainan tradisional tidak ada batasan untuk laki-laki dan perempuan.

3. Permainan Tradisional Jawa Timur Nekeran

Permainan Tradisional Jawa Timur
deskgram.com

Nekeran adalah permainan tradisional dari Jawa timur, nekeran sendiri adalah sebuah benda yang terbuat dari bahan sejenis kaca, memiliki bentuk bulat dan memiliki diameter yang tidak besar dan tidak juga kecil, nekeran biasa dikenal juga dengan nama kelereng.

Permainan ini sudah menjadi permainan favorit bagi anak laki-laki dan sudah menjadi permainan tradisional di jawa timur. Permainan nekeran ini umumnya dimainkan oleh banyak anak, semakin banyak anak yang memainkan permainan ini, permainan akan semakin seru.

Namun sayang, seiring berkembangnya kemajuan teknologi kini permainan ini sudah jarang ditemukan. Sangat sulit kita temui anak-anak yang bermain permainan ini, karena permainan ini dulu saja setiap permainan ada waktu dan musimnya.

4. Permainan Tradisional Petil Lele

Permainan Tradisional Jawa Timur
amw-menulis.blogspot.com

Petil Lele adalah permainan tradisional yang banyak dimainkan oleh anak laki-laki, karena permainan tradisional yang satu ini memebutuhkan kecepatan dan ketangkasan dalam melempar dan menangkap batang bambu.

Permainan ini membutuhkan 2 batang bambu yang memiliki ukuran yang berbeda-beda, bambu yang pertama memiliki ukuran sekitar 30 cm dan bambu yang kedua memiliki ukuran yang lebih pendek dari bambu yang pertama.

5. Permainan Tradisional Jawa Timur Cublak-cublak suweng

Cublak-cublak suweng, untuk kamu yang berasal dari Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan mendengar kata yang cublak-cublak suweng, permainan ini merupakan prmainan tradisional asli dari Jawa Timur, permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak, apalagi yang lahin pada tahun 90-an.

Permainan ini sampai sekarang masih bisa kamu jumpai karena saat ini masih sering dimainkan oleh anak-anak Jawa Timur. Untuk memainkan permainan ini dibutuhkan sedikitnya 3 orang, jika melebihi dari 6 orang makan permainan akan lebih baik.

Sebelum permainan dimulai akan ada pengundian siapa yang akan menjadi Pak Empo, setelah pengundian selesai pemain yang menjadi Pak Empo berbaring telengkup di tengah pemain yang duduk melingkari dan mengelilinginya.

Setelah itu carilah benda yang nantinya akan dijadikan sebagai saweng sambil menyanyikan lagu cublak-cublak suweng, benda tadi beralih dari satu pemain ke pemain lainnya.

Hingga nyanyian selesai maka berhentilah benda tersebut pada tangan salah satu orang pemain, lalu pemain menggenggam tangannya untuk mengecoh Pak Empo yang mencari benda yang disembunyikan tadi.

Apabila Pak Empo salah dalam menebak pemegang benda tersebut maka, pemain yang menjadi Pak Empo akan menelungkupkan badannya dan mengulanginya lagi.

Tapi apabila Pak Empo berhasil dalam menebak benda tersebut maka, yang pemain yang tertebak akan berganti posisi dengan Pak Empo. Permainan ini selesai apabila semua pemain menyepakati untuk dieselesaikan.

6. Permainan Tradisional Jawa Timur Petak Umpet

Permainan yang satu ini siapa yang tidak kenal, petak umpet tidak hanya terkenal di Indonesia saja, bahkan permainan ini sudah juga terkenal pada belahan dunia, permainan petak umpet sangat sangat sering dimainkan di Indonesia dan sudah sangat lama populer.

Karena permainan ini sejak dulu sudah ada dan banyak dimainkan oleh anak-anak negeri, jadilah permainan ini menjadi permainan tradisional. Petak umpet adalah permainan tradisional yang dewasa ini masih sering dimainkan meskipun tidak sebanyak dahulu.

7. Permainan Tradisional Jawa Timur Gobak Sodor

Permainan Tradisional gobak sodor
candimetafora.blogspot.com

Gobak sodor, permainan yang satu ini memiliki reputasi yang tidak perlu diragukan lagi, karena keberadaannya yang sudah ada sejak lama dan begitu populernya permainan ini dikalangan anak-anak hingga remaja pada masa itu menjadikan permainan ini terkenal pada masanya.

Berbagai sumber mengatakan permainan gobak sodor ini berasal dari Jawa, tetapi tidak dapat dipungkiri juga kalau permainan ini dimainkan oleh hampir seluruh anak-anak di Indonesia. Gobak sodor sampai saat ini masih menjadi permainan yang populer, hal ini dikarenakan apabila ada acara yang bernuansa nasional permainan ini akan diperlombakan.

8. Permainan Tradisional Jawa Timur Bentengan

permainan tradisional jawa timur
kamarbelajar.com

Bentengan membutuhkan dua kelompok pemain, masing-masing kelompok memiliki 5-10 orang pemain, permainan tradisional bentengan ini banyak dijumpai d Jawa Timur, sebenarnya tidak hanya di Jawa Timur, tapi di Jawa Barat dan Jawa Tengah dapat juga kita jumpai.

Untuk bermain bentengan kita memerlukan rancangan strategi agar bisa memenangkan permainan ini, permainan ini akan lebih seru dan menantang apabila dimainkan oleh anak-anak antar desa atau antar kelompok bermain.

9. Permainan Tradisional Jawa Timur Engklek

permainan tradisional jawa timur
harianguru.com

Engklek adalah salah satu permainan tradisional yang saat sekarang ini sudah jarang ditemui, walaupun begitu permainan yang satu ini pernah menjadi permainan yang populer dikalangan anak-anak pedesaan, khususnya dikalangan anak-anak perempuan.

Untuk memainkan permainan ini sangatlah mudah, nantinya akan digambar susunan kotak-kotak, pemain diharuskan berjalan dan melewati kotak-kotak tersebut dengan satu kaki. Permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan daya keseimbangan tubuh pada diri anak.

10. Permainan Tradisional Jawa Timur Congklak

Permainan tradisional jawa timur
kompasiana.com

Congklak adalah permainan yang saat ini keberadaannya masih bisa kita jumpai, permainan yang membutuhkan alat ini bisa membuat otak berpikir karena apabila asal jalan atau atau asal main kamu akan kalah dan kamu akan menikmati permainan degan singkat.

Apabila dimainkan dengan berpikir terlebih dahulu dan mengira-ngira kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan permainan yang satu ini. Congklak menjadi permainan yang menghibur dan juga menyenangkan, tanpa harus mengeluarkan tenaga dan keringat yang banyak.


Itulah beberapa permainan tradisional yang ada dan juga populer di Jawa Timur, sebenarnya masih banyak lagi permainan tradisional lainnya yang tidak tertuliskan disini, semoga dapat membantu untuk mengembangkan permainan tradisional yang saat ini sudah mulai punah dan jarang dimainkan oleh anak-anak sekarang.

Tinggalkan komentar