Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif – Pengertian, Jenis, Ciri-ciri

Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif – Hai, kembali lagi di portal keepsoh. Kali ini keepsoh akan berbagi ilmu mengenai metode penelitian. Mulai dari tujuan penelitian, jenis jenis penelitian dan contoh penelitian.

Untuk kamu yang menyukai atau sedang mengenyam pendidikan pada bidang sains atau ilmu pengetahuan alam, pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya penelitian. Karena hampir setiap hari bergelut dengan yang namanya penelitian.

Setiap penelitian ini memerlukan laporan sedetail mungkin yang diberi nama jurnal atau Laporan Penelitian. Jadi kamu harus paham betul bagaimana cara membuat penelitian yang baik dan benar.

Artikel ini akan membahasa secara detail dan rinci, sehingga kamu akan sangat mudah untuk mengerti mengenai metode penelitian ini. Jadi ayo simak artikel ini hingga selesai ya

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

metode penelitian kualitatif dan kuantitatif
snapsurveys.com

Metode penelitian merupakan sebuah struktur atau cara yang akan dipakai ketika mengerjakan sebuah penelitian. Metode penelitian sangat sering dihubungkan dengan prosedur penelitian dan juga teknis penelitian.

Hal ini disebabkan ketiga hal ini memiliki hubungan yang sangat erat antara yang satu dengan yang lainnya sehingga cukup sulit untuk dibedakan.

Metode penelitian membahas mengenai cara yang dilakukan ketika melaksanakan penelitian, sedangkan prosedur penelitian membahas mengenai alat bantu apa saja yang akan dipakai untuk mengukur atau mengumpulkan data penelitian.

Secara garis besar sebuah penelitian itu mencakup prosedur penelitian dan teknik penelitian.

Jadi bisa kita tarik kesimpulan bahwa, metode penelitian merupakan suatu cara untuk memecahkah masalah ataupun untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dengan memakai metode penelitian.

Tujuan Penelitian

metode penelitian kualitatif dan kuantitatif
sarimuliaeri.wordpress.com

Tujuan penelitian merupakan sebuah rumusan kalimat yang menjelaskan adanya hasil atau suatu yang didapatkan setelah melakukan penelitian.

Tujuan penelitian akan menjelaskan secara tegas dan jelas terhadap sesuatu yang berkenaan dengan tujuan pada saat melakukan penelitian.

Beberapa sifat yang harus dipenuhi agar tujuan penelitian dapat dikatakan layak dan baik, yakni spesifik, dapat diukur, terbatas, dan dapat diperiksa dengan melihat hasil akhir dari sebuah penelitian.

Berikut ini adalah tujuan penelitian secara umum adalah sebagai berikut :

  • Penelitian bertujuan untuk menemukan sebuah cabang ilmu pengetahuan baru dalam bidang-bidang tertentu.
  • Penelitian bertujuan untuk mengembangkan cabang-cabang ilmu yang sudah ada.
  • Penelitian bertujuan untuk menguji kebenaran dari ilmu pengetahuan yang telah ada.

Jenis-jenis Penelitian

metode penelitian kualitatif dan kuantitatif
sahabatnesia.com

Terdapat berbagai macam jenis penelitian yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah penjabaran mengenai jenis jenis penelitian.

Penelitian yang Berdasarkan Pada Tujuannya

1. Penelitian Eksploratoris

Penelitian eksploratoris dilaksanakan apabila sebuah penelitian tidak sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Tema yang diteliti masih sangat baru dan hasil penelitian yang mengulas pembahasan tersebut masih sangat sedikit dan jarang dibahasa pada penelitian sebelumnya.

2. Penelitian Deskriptif

Penelitian deskriptif memiliki tujuan untuk memaparkan sebuah uraian mengenai suatu permasalahan sosial yang akan diteliti.

Penelitian ini pada umumnya menjelaskan suatu permasalahan yang dilandaskan dengan indikator-indikator serta dijadikan dasar dari ada atau tidaknya suatu gejala atau permasalahan yang diteliti tersebut.

3. Penelitian Eksplanatoris

Penelitian eksplanatopris adalah penelitian yang menjawab apakah suatu permasalahan sosial berhubungan dengan permasalahan sosial yang lainnya atau apakah suatu variable berbuhubungan dengan variable yang lainnya.

Maksudnya dari penelitian ini sebenarnya untuk menelaah hipotesis yang diketengahkan oleh para peneliti.

Penelitian yang Dibedakan Atas Dasar Kegunaannya

1. Penelitian Murni

Penelitian murni ini ditujukan untuk mengembangkan sebuah kerangka berpikir yang telah tersusun secara matang, teori, menguji dan mengkaji hipotesis, atau menguji suatu kebenaran teori.

2. Penelitian Terapan

Kegiatan penelitian terapan ini ditujukan untuk menyelesaikan atau mencari solusi dari sebuah permasalahan dalam masyarakat tertentu. Fungsinya bersifat praktis, yakni untuk mengatasi sebuah persoalan yang harus segera dicarikan solusinya.

3. Penelitian Aksi

Kegiatan penelitian aksi ini ditujukan untuk menyelesaikan masalah dengan cara memberikan tindakan-tindakan yang konkrit sehingga terciptanya sebuah solusi yang jelas dalam permalasahan yang sedang dihadapi.

4. Penelitian Kebijakan

Penelitian kebijakan ini ditujukan pada sesuatau yang berlandaskan data yang ada dan dapat dirumuskan oleh suatu kebijakan tertentu. Kebijakan ini dapat berupa peraturan, undang-undang, surat keputusan, dan hal lain yang mempunyai kekuatan yang berkaitan dengan hukum tersebut.

5. Penelitian Evaluasi

Penelitian ini ditujukan untuk mengevaluasi sebuah program, kegiatan, atau bahkan kebijakan yang ditujukan untuk mengintervensi masyarakatnya.

Metode Penelitian Kualitatif

metode penelitian kualitatif dan kuantitatif
dev-res.thumbr.io

Metode penelitian kualitatif adalah serangkaian metode yang menitik beratkan pada aspek pemahaman lebih mendalam terhadap suatu permasalahan dari pada melihat sebuah permasalahan.

Penelitian kualitatif merupakan sebuah penelitian riset yang sifatnya deskriptif, cenderung memakai analisis dan lebih menampakkan proses maknanya.

Tujuan dari metode penelitian kualitatif ini yakni untuk memahami secara luas dan mendalam pada suatu masalah secara rinci pada suatu permasalahan yang sedang diteliti.

Ciri-Ciri Penelitian Kualitatif

Berikut ini adalah ciri-ciri dari metode penelitian kualitatif yang harus kamu tahu agar bisa membedakan dengan penelitian lainnya.

1. Memakai Lingkungan Sebagai Sumber Data

penyebab terjadinya banjir
penanggulangankrisis.kemkes.go.id

Sumber data yang dipakai pada penelitian kualitatif yakni lingkungan alami. Penelitian utama pada metode kualitatif ini pada umumnya berupa kejadian-kejadian yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial tertentu.

Penelitian dilakukan saat berinteraksi langsung dengan tempat terjadinya suatu peristiwa. Peneliti melakukan pengamatan, mencari tahu, mencatat, riset dan mencari sumber-sumber yang berkenaan dengan kejadian yang sedang terjadi pada saat itu.

2. Memiliki Sifat Deskriptif Analitik

Data yang sudah diperoleh dari hasil pengamatan yang telah dilaksanakan, baik berupa wawancara, dokumentasi, analisis, catatan di lapangan akan disusun oleh peneliti di lokasi penelitian, tidak dalam bentuk angka-angka.

Peneliti memproses analisis data dengan cara mencari informasi sebanyak mungkin ke berbagai sumber dan kemudian informasi yang diperoleh akan dibandingkan dengan tujuan untuk menemukan hasil atau data yang sebenarnya.

3. Tekanan Pada Proses Bukan Hasil

Data dan informasi yang diburuhkan pada penelitian kualitatif berkenaan dengan banyaknya pertanyaan untuk menerangkan proses dan bukan dari hasil akhirnya.

Pertanyaan menuntut mengenai gambaran keadaan yang sebenarnya tentang kegiatan, tahapan-tahapan, prosedur, alasan, dan interaksi yang terjadi pada saat kejadian berlangsung.

4. Bersifat Induktif

Penelitian kualitatif dimulai mulai dari lapangan, yaitu menggunakan fakta empiris. Peneliti langsung terjun ke lapangan untuk bisa mempelajari suatu proses penelitian yang sedang terjadi, dengan cara mencatat seluruh informasi, menganalisis, membuat laporan dan kemudian dari hasil laporan tersebut dibuatlah sebuah kesimpulan dari proses awal hingga akhir penelitian.

5. Mengutamakan Makna

Makna yang diungkapkan berdasarkan dari cara pandang orang-orang dengan suatu kejadian yang akan diteliti. Mencari sebuah informasi dari pendapat orang-orang yang ada kaitannya dengan kejdian yang sedang terjadi.

Selain mencari informasi, peneliti juga dituntut untu bisa mencari bahan perbandingan supaya bisa membuat kesimpulan dari persepsi-persepsi orang yang sudah dimintai keterangan terhadap perisitwa yang sedang terjadi.

Berdasarkan ciri-ciri dari penelitian kualitatif diatas sudah bisa kita simpulkan bawah penelitian kualitatif ini berawal dari studi kasus lapangan yang terlebih dahulu berdasarkan pada lingkungan alamiah dan bukan pada teori.

Informasi berupa data yang diperoleh langsung dari lapangan akan dijadikan sebuah konsep dan akan dijelaskan menggunakan analasis deskriptif secara detail dan rinci agar kesimpulan yang bisa ditarik bisa sesuai dengan fakta yang didapat.

Contoh Judul Penelitian Kualitatif

Berikut ini adalah judul-judul yang bisa kamu pakai atau contoh dalam membuat penelitian Kualitatif

  1. Analisis Peran Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Manajemen Mutu Pendidikan
  2. Cara Belajar Siswa SD Dalam Menghadapi Ujian Nasional
  3. Eksploitasi Anak Jalanan
  4. Evaluasi Kebijakan Pendidikan Inklusif
  5. Kebiasaan Membaca Siswa Sekolah Dasar
  6. Kinerja Dan Profesionalisme Guru SD
  7. Kompetensi Guru Dalam Perencanaan Pembelajaran
  8. Metode Pembelajaran Yang Efektif Dalam Membentuk Karakter
  9. Model Pembelajaran Yang Efektif Dalam Pembelajaran
  10. Pentingnya Keterampilan Membaca Bagi Siswa SD
  11. Peran Orang Tua Terhadap Anak Dalam Bidang Akademik
  12. Persepsi Dan Perilaku Merokok Mahasiswa PGSD
  13. Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Metode Inkuiri
  14. Pola Belajar Siswa Dalam Menghadapi Ujian Nasional
  15. Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD

Metode Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif adalah salah satu jenis penelitian yang sangat terstruktur, sistematis, spesifik, dan juga terencana dengan baik dari awal hingga mendapatkan sebuah kesimpulan.

Penelitian kuantitatif lebih menitik beratkan pada pemakaian angka-angka yang membuatnya menjadi akurat serta jelas. Ditambah lagi pemakaian tabel, grafik, dan juga diagram sangat memudahkan untuk dipahami oleh para pembaca.

Di dalam metode kuantitatif ini terdapat beberapa metode yang saling menopang, yakni metode deskriptif, survei, perbandingan, penelitian tindakan, ekspos, dan korelasi.

Tujuan Penelitian Kuantitatif

Tujuan utama dari metode kuantitafi ini adalah menerangkan suatu masalah tetapi menghasilkan generalisasi. Generalisasi ialah suatu kenyataan kebenaran yang terjadi dalam suatu realitas tentang suatu masalah yang di perkirakan akan berlaku pada suatu populasi tertentu.

Generalisasi dapat dihasilkan melalui suatu metode perkiraan atau metode estimasi yang umum berlaku didalam statistika induktif.

Metode estimasi itu sendiri dilakukan berdasarkan pengukuran terhadap keadaan nyata yang lebih terbatas lingkupnya yang juga sering disebut “sample” dalam penelitian kuantitatif.

Jadi, yang diukur dalam penelitian sebenarnya ialah bagian kecil dari populasi atau sering disebut “data”.

Data ialah contoh nyata dari kenyataan yang dapat diprediksikan ke tingkat realitas dengan menggunakan metodologi kuantitatif tertentu. Penelitian kuantitatif mengadakan eksplorasi lebih lanjut serta menemukan fakta dan menguji teori-teori yang timbul.

Proses Penelitian Kuantitatif

  1. Substansi proses penelitian kuantitatif menurut Bungin terdiri dari aktivitas yang berurutan, yakni sebagai berikut.
  2. Mengeksplorasi, perumusan, dan penentuan masalah yang akan diteliti.
  3. Mendesain model penelitian dan parameter penelitian yang akan dilakukan
  4. Mendesain instrumen pengumpulan data penelitian.
  5. Melakukan pengumpulan data penelitian yang terkait.
  6. Mengolah dan menganalisis data dari hasil penelitian.
  7. Mendesain laporan hasil penelitian.

Contoh Judul Penelitian Kuantitatif

Berikut ini adalah judul-judul yang bisa kamu pakai atau contoh dalam membuat penelitian kuantitatif

  1. Hubungan Antara Minat Baca Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar
  2. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar
  3. Pengaruh Bimbingan Belajar Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar
  4. Pengaruh Keluarga Dan Minat Baca Dengan Prestasi Belajar
  5. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar
  6. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar
  7. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar
  8. Pengaruh Motivasi Orang Tua Dan Intensitas Belajar Terhadap Hasil Belajar
  9. Perbandingan Hasil Belajar Antara Pemberian Tugas Kooperatif Dengan Tugas Individu
  10. Perbandingan Metode Pembelajaran Ditinjau Dari Minat Terhadap Hasil Belajar
  11. Perbedaan Metode Kerja Kelompok Dan Pemberian Tugas Individu Terhadap Hasil Belajar
  12. Perbedaan Model Konvensional Dengan Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar
  13. Perbedaan Model Membaca Bawah Atas Dan Interaktif Dalam Pemahaman Membaca
  14. Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatan Prestasi Belajar
  15. Perbedaan Pembelajaran Kontekstual dan Konvensional Ditinjau dari Motivasi Belajar

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Kuantitatif

Kualitatif

Tunggal, konkrit, teramati Ganda, holistik, hasil konstruksi dan pemahaman
Independen Interaktif tidak dapat dipisahkan
Sebab-akibat Timbal balik/interaktif
Cenderung membuat generalisasi Transferability

Tinggalkan komentar