Indonesia Cukur Filipina 9-0 di AFF 2017

Para pemain timnas U-19 merayakan gol Egy Maulana ke gawang Myanmar pada pertandingan Piala AFF U-18 2017, Selasa (5/9/2017).
Para pemain timnas U-19 merayakan gol Egy Maulana ke gawang Myanmar pada pertandingan Piala AFF U-18 2017, Selasa (5/9/2017).(Dok. PSSI)

KOMPAS.com – Tim nasional U-19 Indonesia tampil sangat luar biasa dengan unggul telak 5-0 dari Filipina sampai akhir babak pertama pertandingan kedua Grup B Piala AFF U-18 di Stadion Thuwunna, Kamis (7/9/2017).

Pelatih tim nasional U-19, Indra Sjafri, memainkan tiga pemain baru pada laga ini. Ketiga pemain tersebut diantaranya Samuel Christianson, Asnawi Mangkualam, dan Syaharin Abimanyu.

Garuda Muda sempat menerima ancaman terlebih dulu melalui tendangan dari jarak jauh Mariano Suba pada menit keempat.

Beruntung, kiper Muhamad Riyandi berhasil melakukan penyelamatan yang luar biasa dengan menepis bola Suba.

Ancaman tersebut dibalas oleh Timnas U-19 melalui gol Feby Eka Putra pada menit ke-9. Dari luar kotak penalti, Feby melepaskan tendangan keras yang tak dapat dibendung kiper Quincy Kammeraad.

Sesudah itu, Indonesia tak terbendung. Pada menit ke-22, kini giliran Egy Maulana yang mencatatkan namanya di papan skor.

Pemain yang berasal Medan tersebut mencetak gol dengan memenfaatkan bola liar di dalam kotak penalti. Tembakan kaki kiri Egy membuat bola bersarang ke tengah gawang Filipina.

Lima menit kemudian, Indonesia unggul 3-0. Gol ketiga pasukan Indra Sjafri yang diciptakan Muhammad Iqbal memanfaatkan umpan silang Feby Eka Putra.

Timnas U-19 kemudian mendapatkan penalti pada menit ke-30. Sayangnya, Asnawi yang maju sebagai algojo gagal setelah bola berhasil ditepis.

Berselang enam menit kemudian, Indonesia untuk kali kedua mendapatkan penalti. Kali ini, Egy yang maju sebagai eksekutor pnalti, ia sukses menyarangkan bola.

Iqbal untuk kali kedua mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-40. Pemain bernomor punggung 6 tersebut menjebol gawang lawan melalui eksekusi tendangan bebas.

Gol tersebut menjadi torehan terakhir dan Indonesia unggul 5-0.

Pada babak kedua Indonesia menorehkan 4 gol lagi..diantaranya dicetak oleh Feby Eka Putra 67′, 86′, M. Rafly 90′, dan Resky Fandy 91′. Permainan berakhir dengan keunggulan Indonesia 9-0.

Susunan pemain

Filipina: 1-Quincy Kammeraad; 3-Lemark Unabia, 6-Ellyhone Rasonable, 12-Vince Eric, 15-Lean Panes; 5-Robert Lawrence, 9-Kier John, 13-Fidel Victor, 14-Mark Francis; 7-Marcel Ivan, 10-Mariano Junior

Pelatih: Jose Maria

Indonesia: 1-Muhamad Riyandi; 4-Samuel Christianson, 13-Rachmat Irianto (C), 5-Nurhidayat Haris, 12-Rifad Marasabessy; 20-Asnawi Mangkualam; 14-Feby Eka Putra, 27-Syahrian Abimanyu, 10-Egy Maulana Vikri; 6-Muhammad Iqbal; 19-Hanis Saghara

Pelatih: Indra Sjafri

Share ya Gan!!

Tinggalkan komentar