Contoh Teks Ulasan Singkat Novel dan Film Perahu Kertas

CONTOH TEKS ULASAN – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu mengenai Teks Ulasan, tentunya disini kita akan membahas mengenai pengertian teks ulasan dan contoh teks ulasan singkat Film, Novel, Cerpen beserta strukturnya.

Pengertian Teks Ulasan

contoh teks ulasan
keepsoh.com

Teks ulasan adalah teks yang berisikan ulasan, penilaian atau review pada suatu karya seperti film, drama, novel dan cerpen. Saat mengulas sebuah film dan drama tentunya kita harus bersikap kritis supaya bisa berkontribusi untuk kemajuan drama dan film untuk masa kedepannya.

Struktur Teks Ulasan

  1. Orientasi berisikan gambaran umum mengenai karya sastra yang akan diulas,
  2. Teks ulasan berisi penilaian penulis mengenai karya sastra yang akan diulas,
  3. Evaluasi berisi hasil dari evaluasi penulis tentang karya sastra yang diulas,
  4. Sinopsis berisi tentang ulasan akhir penulis yang berisi ringkasan karya tersebut.

Contoh Teks Ulasan

Setelah kita mengetahui apa itu teks ulasan, berikut ini merupakan contoh teks ulasan singkat film, drama, novel dan cerpen, diantaranya yaitu:

1. Contoh Teks Ulasan Singkat Cerpen “KETIKA SEBUAH PERSAHABATAN DIPERTARUHKAN

contoh teks ulasan singkat
androbuntu.com

Cerpen ini menceritakan tentang sebuah kisah cinta remaja. Akan tetapi pada akhirnya, setelah melalu beberapa tahap hubungan mereka menjadi teman. Didalam cerpen ini terdapat banyak kesalahan dalam penulisannya. Pertama, pada awal paragrafcerpen terdapat kata “acuh”. Akan tetapi setelah diperhatikan lagi makna dari kalimat utuhnya, kita juga tahu bahwa ada kesalahan dalam pemakaian kata “acuh”, yang di dalam kata lain memiliki arti “Peduli”. Jadi, kata “acuh” yang benar diganti menjadi “tak acuh” atau “tidak acuh”.

Kedua, soal EYD, diantara kata-kata berikut ini: “didepanku”, “dikelas”, “dimasa”, “dihatiku”, “dihidupku”, “dikampus”. “dikotaku”, “di elu-elukan”, “akupun”, dan “sekedar”, yang seharusnya ditulis dengan benar seperti berikut: “di depanku”, “di kelas”, “di masa”, “di hatiku”, ” di hatiku”, “di hidupku”, “di kampus”, “di kotaku”. “dielu-elukan”, “aku pun”, dan “sekadar”.

Perhatikan perbedaan antara kata keterangan tempat, waktu dan kata kerja yang bersifat pasif. “di” pada kata keterangan tempat/waktu, seperti “di kelas”, “di pagi hari”, “di rumah”, dan kata lainnya, wajib dipisah dari kata setelanya, atau memiliki fungsi sebagai kata depan. Sementara untuk kata kerja yang pasif, seperti “dielu-elukan”dipukul”, dan kata lainnya, penulisan kata “di” wajib digabung dengan kata berikutnya.

Ketiga, penulisan pada kalimat dialogg. Saran dari tim FAM pada penulis yaitu penulis harus lebih banyak lagi membaca novel-novel yang berkualitas, dan tentunya melewati proses editing yang ketat sebelum diterbitkan. Pelajari dan pahami pola dan aturan (termasuk juga tanda baca dan lainnya) yang berkaitan dengan kalimat dialog dalam sebuah prosa.

Dalam sebuah cerpen, sebaiknya dialog tidak dibikin seperti dialog yang terdapat dalam sebuah naskah drama. Akan tetapi di sini penulis justru melakukan hal tersebut, hingga cerpen ini kelihatan kurang rapi. Untuk kedepannya diharapkan agar penulis mempelajari penulisan kalimat dialog di dalam prosa (cerpen/novel) yang baik dan benar.

Setelah itu, kata-kata tidak baku yang terutama sering ditemukan dalam dialog seperti “palak”, “gak”, “udah”, “kebayang” dan kata baku lainnya, sebaiknya ditulis menggunakan huruf miring. Sebenarnya tidak terdapat aturan wajib pada penulisan tersebut.

Terdapat dua pendapat yang berbeda, yang salah satunya memperbolehkan ditulis dengan menggunakan huruf biasa. Akan tetapi, FAM Indonesia memakai aturan pertama, yaitu memakai aturan yang pertama, yaitu kata-kata yang tidak abku dengan kata-kata yang berasal dari bahasa asing diketik dengan huruf miring.

Pemakaian tanda baca tidak perlu di tulis dengan cara yang berlebihan, seperti rangkap dua, tiga maupun empat. Menggunakan emoticon dalam tulisan, termasuk cerpen, juga tidak disarankan, kebiasaan seperti ini sebaiknya dihilangkan. Terakhir, untuk penulisan judul, sebaiknya tidak memakai huruf kapital dengan keseluruhan.

Menulis dan Membaca Tidak Bisa Dipisahkan

contoh teks tulisan
kemandirianfinansial.com

Saran dari tim FAM pada penulis yaitu “Teruslah berlatih dan berlatih”. Dengan menulis setiap hari, maka jari-jemari kita akan terbiasa dan mudah untuk menulis. Namun, perlu diingat menulis juga harus diimbangi dengan banyak membaca.

Menulis dan membaca merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan, keduanya saling melengkapi seperti dua sisi mata uang. Tulisan akan sulit berkembang jika jarang membaca. Dengan banyak membaca karya dari berbagai penulis, nanti akan bisa ditemukan ciri khas tulisan kita sendiri.

Jangan malas melakukan perbaikan, koreksi ulang tulisanmu sebelum tulisan itu dipublikasikan. Ingat, pembaca bukanlah orang yang harus memperbaiki tulisan kita terlebih dahulu sebelum memahami isi tulisan. Yang diinginkan pembaca hanya membaca dan menikmati tulisan, jadi bikinlah mereka menikmati tulisan yang kita sajikan dengan rapi. Bukankah apabila tulisan diketik dan disusun dengan rapi akan membuat pembaca lebih nyaman dan ketagihan untuk membaca tulisan kita tersebut? Bukankah itu akan menyenangkan?

Contoh Teks Ulasan Film

Berikut ini adalah contoh teks ulasan singkat dari beberapa film

Contoh Teks Ulasan Film “My Idiot Brother”

contoh teks ulasan film
keepsoh.com

My Idiot Brother adalah sebuah novel hasil karya dari Agnes Davonar. Novel My Idiot Brother ini menceritakan sebuah kisah tentang arti kehidupan yang membutuhkan sebuah pengorbanan. Novel ini mengisahkan seorang anakan yang bernama Angel.

Seorang gadis berumur 15 tahun dan masih remaja yang tidak pernah mau menerima keadaan kakaknya yang bernama Hendra yang memiliki keterbelakangan mental sejak lahir. Walaupun Angel membenci dan merasa malu dengan kakaknya, Hendra tidak pernah berkecil hati.

Hendra merupakan anak yang berkebutuhan khusus, hal itu ia dapatkan karena sakit yang ia rasakan waktu kecil. Meskipun begitu Ia tetap selalu memberikan kasih sayangnya kepada adiknya.

Pada bab pertama buku “My Idiot Brother”, Agnes Devonar meneceritakan sebuah kisah tentang Ali Mensan (Pemeran Hendra dalam novel My Idiot Brother) yang menderita sindrom Down. Karena keadaan kakak tersebut, membuat hati Angel sang adik sering diejek oleh teman-temannya “si idiot”.

Agnes merupakan orang yang sangat membenci Angel karena dianggap sebagai ancaman untuk mendapatkan hati Aji. Di dalam novel My Idiot Brother, Aji diperankan oleh Aaaron Ashab. Aji adalah seorang yang memiliki paras tampan, cerdas dan juga keturunan dari keluarga konglomerat.

Oleh karena itu tidak heran jika Aji menjadi rebutan bagi cewek sekolahnya. Waktu yang terasa begitu cepat berlalu, hingga suatu hari Aji mengadakan pesta ulang tahun, akan tetapi hal tersebut membuat Angel bingung. Angel bingung karena memikirkan hadiah untuk Aji.

Akan tetapi semua usaha telah dilakukan hingga Angel harus menemani kakaknya untuk bermain monopoli seharian. Sambil main monopoli Angel melamun memikirkan uang untuk membeli hadiah. Akhirnya terlintas dipikirannya untuk meminta uang kakaknya.

Setelah berbincang-bincang dan membujuk kakaknya, akhirnya kakaknya Hendar dengan ikhlas unntuk memberikan semua uang yang ada di dalam celengannya kepada Angel adiknya tercinta. Hingga akhirnya malam pun tiba, Angel dan Agnes bersaing untuk menjadi ratu pada acara pesta itu.

Akan tetapi sayangnya pesta tersebut kacau dan berakhir ricuh karena Hendra kakak Angel hadir dalam pesta tersebut. Kedatangan kakaknya yang keterbelakangan mental itu membuat Angel merasa mau, padahal kakaknya bermaksud untuk mengantarkan kado yang tertinggal.

Pesta tersebut berakhir ricuh, Angel pun lari dan mengalami kecelakaan. Tidak ada satu orang pun yang bisa membantu Angel. Angel mengalami koma dan membutuhkan donor hati dengan cepat. Pada akhirnya kakaknya Hendra yang rela untuk mendonorkan hatinya untuk Angel adiknya tercinta.

Pada Bab-bab berikutnya, para pembaca akan menyaksikan kembali potongan kisah yang mengharukan. Novel ini ditulis oleh Agnes Devonar hanya dalam satu buah buku. Meskipun demikian, pada setiap bab mulai dari awal cerita sampai akhir cerita, buku ini memiliki hubungan yang sangat erat, layaknya sebuah kehidupan.

Novel ini disajikan dengan bahasa yang sangat bagus, sehingga membuat novel ini mampu menyihir para pembacanya. Hal tersebut membuat pembaca dapat merasakan keputus asaan, kebahagiaan, semangat dan juga kesedihan. Selain itu, novel ini memiliki masalah percintaan dan juga keluarga.

Dengan membaca novel ini, Anda akan mengetahui bahwa seorang yang bernama Agnes Devonar mengajarkan kepada kita semua dalam menjalani kehidupan itu butuh yang namanya perjuangan.

Dengan menyampingkan kekuranga-kekurangan tadi, anak muda di jaman modern seperti sekarang ini sangat membutuhkan novel seperti ini, terutama untuk para remaja yang memiliki rasa gengsi terhadap kekurangan yang ada pada dirinya.

Buku ini memberikan semangat dalam hidup, motivasi dan inspirasi bagi setiap orang yang suka gengsi di depan orang lain. Buku ini juga mengajarkan kita terhadap kemustahilan yang bisa diwujudkan dengan kerja keras. Dengan membaca contoh teks ulasan fil My Idiot Brother ini semoga bisa bermanfaat.

Contoh Teks Ulasan Novel

1. Contoh Teks Ulasan Novel “Perahu Kertas”

A. Contoh Teks Ulasan Bagian Orientasi

Perahu kertas merupakan film yang diangkat dari sebuah novel karya dari Dewi Lestari. Kisah “Perahu Kertas” menceritakan tentang kejujuran hati dan adanya perasaan yang terhalang oleh perasaan yang lain. Film ini diperankan oleh artis yang masih remaja, seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Kisah yang ada dalam film ini memang lebih banyak fokus menceritakan kisah cinta anak remaja.

B. Contoh Teks Ulasan Bagian Tafsir

Perahu kertas merupakan kisah yang menceritakan turun naiknya hubungan antara Kugy dan Keenan. Kugy sendiri dikenalkan oleh temannya Novi dan Eko yang menjadi sahabat Kugy. Perkenalan tersebut terjadi ketika mereka menjemput Keenan pulang dari Belanda. Kisah cinta antara Keenan dan Kugy tidak berjalan dengan mulus, karena saat sewaktu pertaman kali Kugy berkenalan dengan Keenan, Ia sedang memiliki hubungan dengan Ojos.

Keenan sendiri juga dekat dengan seorang gadis yang bernama Wanda. Walaupun Keenan dan Kugy memiliki saka suka satu sama lain, mereka tidak pernah menyatakan perasaan mereka satu sama lain. Kisah mereka berawal saat mereka kuliah di Bandung.

Kugy merupakan sosok gadis yang tomboy, ceria dan mempunyai keyakinan bahwa dia adalah agen Dewa Neptunus. Bahkan Ia selalu mempunyai kebiasaan untuk menulis curhatannya di atas selembar kertas yang nantinya akan dibentuk menjadi perahu, lalu dihanyutkan di atas air.

Walaupun sekilas ia kelihatan seperti gadis yang ceria dan ceroboh, sebenarnya Ia merupakan sosok yang memiliki pemikiran dewasa. Sementara itu, Keenan adalah seorang pelukis muda berbakat yang dipaksa oleh orang tuanya untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi.

Keenan bersama Kugy, Noni dan Eko menjadi geng yang kompak. Kebersamaan mereka akhirnya menimbulkan cinta diam-diam antara Keenan dan Kugy. Akan tetapi rintangan selalu menghampiri, seperti pada saat persahabatan antara Kugy dan Noni yang rusak karena ketidakhadiran Kugy di pesta ulang tahun Noni yang saat itu diadakan di rumah Wanda.

Keenan yang mulai kelihangan semangat akhirnya pergi ke rumah pak Wayan yang menjadi guru baginya untuk melukis. Pak Wayan mempertemukan Kugy dengan langganannya yang bernama Remi. Kugy yang telah lulus dari kuliahnya diberikan tempat sebagai anak magang biro iklan milik teman kakaknya.

Beberapa tahun kemudian, ibu Keeanan pergi ke Bali untuk memberitahukan keadaan ayah Keenan yang sedang kritis. Keenan pun segera kembali ke Jakarta dan berjanji akan segera kembali ke Bali lagi jika ayahnya sudah kembali sembuh. Sementara itu di Bandung, Noni dan Eko yang sedang berkemas menenmukan sebuah kotak yang berisi buku dan surat. Ternyata isi surat yang ditemukan Noni dan Eko tersebut berisi curahan hati Kugy terhadap Keenan dan alasan dibalik ketidakhadirannya pada pesta ulang tahun Noni.

Setelah itu merekapun segera menyusul Keenan di Jakarta. Namun takdir berkata lain, disaat Kugy dan Keenan dipertemukan lagi secara tidak senganja di pesta pernikahan Noni dan Eko. Akhirnya mereka kembali dekat, namun sayang seklai lagi ada sebuah penghalang antara mereka, yaitu Remu dan Luhde.

Kisah yang menceritakan mengenai kisah cinta dewasa yang saling memerlukan akan tetapi tidak bisa bersama karena sudah memilih orang lain. Pilihan yang telah diambil akhirnya harus dipertahanlan, diterima dan dijalankan dengan sepenuh hati.

C. Contoh Teks Ulasan Bagian Evaluasi

Terdapat beberapa kelebihan yang ada pada film ini, misalnya (1) karakter yang digambarkan dengan sangat kuat dan apik, (2) hikmah atau pesan yang terkandung dengan baik di dalam cerita, (3) serta penjiwaan maksimal yang perankan oleh para pemain dan (4) alur cerita dan konflik yang bagus digambarkan selama cerita berlangsung.

Sementara itu, ada juga kekurangan film, misalnya eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing tokoh yang pada akhirnya memecah perhatian para penonton dan juga pada akhir cerita terkesan menggantung.

Contoh Teks Ulasan Novel

Contoh Teks Ulasan Singkat Novel “Hujan”

Kali ini kita akan mengulas sebuah novel yang berjudul “Hujan” karya Tere Liye.

Contoh Teks Ulasan Bagian Orientasi

Hujan merupakan novel karya Tere Liye yang mengisahkan tentang kemauan tokoh utama yang bernama Lail. Lail ingin menghapus semua memorinya tentang seseorang, Lail meminta bantuan Elijah. Setelah itu Lail mengingat alasan kenapa Ia harus menghapus memorinya tersebut, lalu Ia pun menceritakannya kepada Elijah.

Contoh Teks Ulasan Bagian Tafsiran

Lail adalah gadis berumur 13 tahun yang menjadi yatim piatu sejak terjadi bencana alam. Akan tetapi, disaat bencana itu juga ia bertemu dengan Esok, lelaki yang menarik tas punggungnya, sehingga Lail selamat dari dampak bencana yang bisa membahayakannya.

Lail dan Esik kemudian terjebak dalam percintaan selama di pengungsian. Lail dan Esok selalu bersama. Namun bukan seperti percintaan yang biasanya, karena mereka berdua memiliki cara yang santun dalam menjaga hati. Ada juga Maryam, sahabt setia Lail.

Mereka bertemu setelah waktu pengungsian dan mereka pindah ke panti. Sayangnya, hubungan Lail dan Maryam sangat akrab. Maryam yang mengetahui bahwa hubungan Esok dengan Lail itu lebih dari sekedar percintaan biasa, dengan kepribadian Lail yang introvert, dia tidak marah beneran saat Maryam menggoda hubungan yang terjalin diantara mereka berdua.

Saat itu diceritakan bahwa bencana alam yang terjadi itu barulah awalan, Setelah itu terjadi lagi musim dingin yang berkepanjangan. Daerah subtropis pun dihujani salju. Peristiwa tersebut membuat pemerintah meluncurkan sebuah pesawat ulang-alik untuk mengembalikan ke iklim yang seharusnya. Namun sayang, hal tersebut menimbulkan efek jangka panjang yang harus diterima oleh penduduk bumi.

Contoh Teks Ulasan Bagian Evaluasi

Novel yang disajikan dengan bahasa yang bisa menghipnotis pembaca ini akan membuat pembaca merasakan bagaimana rasanya harus kuat dan tegar saat ditempa masalah, melangkah maju disaat masalah begitu berat dan rasanya jatuh cinta.

Ada rasa disaat rindu beretemu seseorang, bertemu kembali setelah sekian lama tidak berjumpa dan cemburu. Yang pernah atau masih masa remaja mungkin akan tersenyum melihat tingkah Lail. Imajinasimu benar-benar akan dibuat melayang oleh Tere Liye.

Contoh Teks Ulasan Rangkuman

Novel “Hujan” ini memang sangat istimewa, tema yang diusung tidak sesederhana tema novel romantis pada umumnya. Porsinya tidak hanya untuk seputar kisah cinta remaja, melainkan terdapat bumbu-bumbu ilmiahnya. Novel ini juga menceritakan tentang kepastian yang tidak pasti, mengenai kabar yang hampir tidak pernah dikabarkan, hingga membuat sepasang kekasih yang saling mencintai juga saling menunggu untuk saling mengungkapkan.

Contoh Teks Ulasan Novel “Harry Potter”

Saya sangat menyukai seri Harry Potter dan semua buku akan selalu memilki tempat khusus di hati saya. Saya harus mengungkapkan bahwa dari semua buku, seri ini bukan termasuk favorit saya. Saat seri dimulai semua terasa baik pengalaman sebagai cangkir berasa berisi cokelat panas. Cerita-cerita yang terang, cepat, menarik dan memuaskan.

Orde Phoenix merupakan salah satu episode dari seri novel Harry Potter. Anda dapat merasa mengerti dan tertarik saat membacanya hingga akhir. Saya sangat tersentuh pada halaman bagian akhir. Ceritanya biasanya suram, sehingga terasa menyedihkan.

Alur berderap dari buku-buku lain sudah melambat untuk mengejar novel ini dan bagian-bagian itu kelihatan panjang, seolah-olah kita sedang membaca semua mengenai Harry dengan hanya “nongkrong” daripada harus bepergian.

Membaca secara detail mengenai Harry membersihkan sebuah rumah tua, salah satuna rumah tangga masih housekeeping memiliki kekuatan magis atau tidak dan aku tidak begitu tertarik untuk membaca jika orang lain yang melakukannya.

Beberapa perubahan lain pada buku ini yaitu, dunia “nyata” datang jauh lebih baik untuk bermain daripada alam semesta fantasi buku-buku yang sebelumnya dan ternyata Harry sudah diambil dari obatnya. Aku tahu bahwa ia mempunyai banyak peran sebagai pemarah pada buku ini, terutama disaat semua orang menjadi remaja, namun perubahan mendadak terjadi pada karakternya kelihatan terlalu drastis.

Kisah nyata kelihatan terjadi pada bagian 1/3 dari buku dan bagian ini sangat aku sukai. Aku benar-benarmenyukai ending sesedih itu. Ini dikemas dengan begitu rapi dan membuat saya peduli mengenai cerita ini bahkan lebih.

Itulah beberapa contoh teks ulasan mengenai film, novel dan buku singkat beserta strukturnya yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Perlu kita ingat bahwa contoh teks ulasan bukan hanya membahas mengenai novel dan juga film laskar pelangi saja. Akan tetapi terdapat banyak sekali contoh yang bisa kita temukan lagi.

Tinggalkan komentar