Contoh Pelanggaran Ham Secara Lengkap

CONTOH PELANGGARAN HAM – Selamat jumpa lagi sahabatku yang saya senangi, kali ini kami akan bahas tentang pelanggaran ham. Pelanggaran HAM merupakan  jenis pelanggaran atau sejenis kelalaian pada batas asasi seseorang yang melakukan tindakan kepada orang lain.

Akan tetapi dalam hal pelanggaran ini tidak semuanya, selalu didasari oleh dasar pelanggaran HAM. Ada beberapa dibawah ini adalah pelanggaran yang sudah termasuk dalam jenis pelanggaran HAM antaranya:

Contoh Pelanggaran HAM

pelanggaran ham

1. Pembantaian di Rawagede

  • Pertama ketika waktu pembantaian di Rawagede pelanggaran HAM yang akan terjadi karena akibat penembakan yang sudah disertai dalam pembunuhan atau penduduk Rawagede.

2. Peri Tanjung Priok

  • Kedua salah satu Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia. (Hak Dasar Manusia) pada Peri Tanjung Priok pada tahun 1984.

3. Penembakan Misterius (Petrus)

  • Ketiga pada waktu penembakan Misterius (Petrus) pada tahun 1982-1985, salah satu dari peristiwa ini yang pastinya akan terjadi. Petrus adalah peristiwa penculikan, penganiayaan disertai penembakan kepada para preman yang selalu mengganggu ketenangan masyarakat sekitarnya. Kasus pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) pada Indonesia, kasus pembunuhan TKW, matinya Mursinah.

4. Kasus Bulukumba

  • Kempat Kasus Bulukumba salah satu dari kasus pada tahun 2003, oleh PT. London Sumatra (Lonsum) dalam melakukan perluasan perkebunan, dan upaya ini lalu ditolak warga sekitar.

5. Peristiwa Aceh 1990

  • Kelima Contoh kasus pelanggaran HAM yang ada di negara Indonesia (Hak Asasi Manusia) Nusantara, pada peristiwa Aceh tahun (1990).

6. Pembantaian Santa Cruz

  • Keenam Pembantaian Santa Cruz Kasus yang sudah masuk dalam catatan pelanggaran HAM Indonesia, merupakan salah satu dari pembantaian oleh militer (anggota TNI) dengan menembaki warga sipil pada pemakaman Santa Cruz, Timor Timur Dili, 12 November 1991.Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia (Hak Asasi Manusia). Karena dari peristiwa penembakan Trisakti. Kasus penganiayaan, lalu terbunuhnya Wartawan Udin (Fuad Muhammad Syafruddin) pada tempat yogyakarta tahun 1996 16 Agustus. Kasus pelanggaran HAM (Hak Elementer Manusia) Indonesia terbunuhnya Munir Said Thalib.

7. Tragedi Semanggi

  • Ketujuh Tragedi Semanggi, aksi protes masyarakat terhadap pelaksanaan Sidang Istimewa MPR hanya menyebabkan tewasnya warga sipil, untuk kejadian pertama ini akan muncul dengan nama Tragedi Semanggi I tepatnya terjadi pada 13 November 1998. Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia, (DOM), Daerah Operasi Militer Aceh pada tahun 1976-1989. Peristiwa Abepura Papua tahun 2003. Pelanggar HAM yang dipicu akibat penyisiran membabi buta pelaku, yang menyerbu mapolsek Abepura. Komnas HAM yang menyimpulkan ada terjadinya pelanggaran HAM pada peristiwa Abepura. Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia (Hak Asasi Manusia) dalam peristiwa Bom Bali. pelanggaran HAM (Hak Asas Manusia) kejadian pembantaian Rawagede.Suri pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) terhadap penculikan Aktivis.

8. Pelanggaran HAM 27 Juli

  • Kedelapan Contoh kasus pelanggaran HAM (Hak Dasar Manusia) dalam perkara 27 Juli.

9. Peri Dukun Santet di Banyuwangi

  • Kesembilan Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia (Hak Elementer Manusia) kasus peri dukun Santet di Banyuwangi.

10. Pelanggaran G30S

  • Kesepuluh kasus pelanggaran HAM (Hak Asasi Manusia) di Nusantara dalam pelanggaran HAM berat peristiwa G30S.Ya, ini saja yang bisa kami sampaikan tentang kasus pelanggaran ham, semoga apa yang bisa kami sampaikan bisa bermanfaat untuk kita semuannya.

Kasus Pelanggaran Ham di Indonesia

kasus pelanggaran ham

Ada beberapa tugas tentang penjelasan terkait pelanggaran HAM yang ada di indonesia.

1 Kasus di Tanjung Priok 1984

Nah disini ada yang terjadi masalah antara aparat dengan warga setempat lainnya, sehingga nanti akan memakan tempat banyak ratusan yang korban hanya karena penembakan, dan ada juga beberapa bentuk kekerasan.

Bahkan ini hanya di sebabkan peperangan ini yaitu SARA dan unsur politisi.

2. Kasus Tragedi di Semanggi

Salah satu tragedi ini hanya di sebabkan karena masyarakat sekitar, yang ingin bergabung dengan mahasiswa dan melakukan tahap jadwal pelaksanaan dan kegiatan yang sudah mengikuti sidang istimewa.

Yang akan memakan korban baik itu dari pihak warga militer, arau pun dari pihak warga sipil setempat, yang hanya menjadi penyebab yang terjadi tindakan tentang penyalahgunaan.

Karena peristiwa ini akan mengalami masa transisi. Adapun dari jumlah dari tragedi ini ada 17 orang sipil dan semanggi ini hanya terjadi dua kali pertama saja.

3 Kasus di Poso 1998 – 2000

Salah satu dari kasus ini yang berupa dengan bentrokan yang menewaskan dengan banyak penduduk jiwa, karena ini hanya menyebabkan masalah agama. Dan hingga akhirnya untuk merendam dengan terbentuknya forum komunikasi umat yang beragama di wilayah kabupaten dati 2 poso.

4 Kasus di Santa Cruz

Kasus ini hanya dilakukan dengan pihak militer anggota TNI yang akan dilakukan pada penembakan terhadap warga sipil yang lainnya, bahkan ini di kawasan pemakaman santa cruz.

Karena salah satu ini hanya di latar belakang atas demontrasi yang akan dilakukan dengan beberapa gabungan oleh mahasiswa dan warga sipil lainnya.

Ya, ini saja yang bisa kami sampaikan tentang contoh pelanggaran ham secara ringkas, semoga apa yang bisa kami sampaikan di sini bisa bermanfaar untuk kita semua nya.

Tinggalkan komentar