Sejarah Bola Basket Beserta Pengertian dan Cara Bermainnya

Sejarah Bola Basket – Olahraga Basket ini salah satu olahraga yang amat terkenal, dan populer dipenjuru dunia. Didunia ini ada negara yang amat menggemari sekali dengan olahraga basket, Amerika Serikat lah adalah salah satu Negara di Dunia yang amat menggemari dengan Olahraga Basket ini.

NBA (National Basketball League) Yakni persaingan bola basket di Amerika Serikat yang senantiasa dinanti-nantikan oleh para penggemar-penggemar yang ada di penjuru Dunia.

Malah di Negara Indonesia sendiri untuk saat ini semakin banyak orang-orang yang meminati dengan olahraga basket ini.

Hal hal yang demikian dapat dibuktikan dari pertama munculnya banyak komunitas-komunitas basket, dan adanya pertandingan-pertandingan bola basket diseluruh Negara Indonesia.

Baiklah, dibawah ini baabun akan memberi kabar mengenai Sejarah Olahraga Basket, Pengertian, dan Tata Metode Bermainnya. Yuk lantas saja kita simak artikel dibawah ini.

Pengertian Mengenai Permainan Bola Basket

Bola basket ini adalah olahraga berkelompok, terdiri dari dua tim yang berlawanan dengan member team masing-masing, dari masing-masing kelompok basket memiliki member 5 orang.

Apa tujuan dari permainan bola basket ini? Tujuan utama dari permainan bola basket ini adalah untuk mencari/menerima skor sebanyak-banyaknya dengan metode memasukkan bola basket hal yang demikian kedalam ring lawan.

Permainan bola basket ini dilakukan di ruangan yang memiliki ukuran lapangan dengan lebar 15 meter, dan panjang 28,5 meter.

Didalam permainan bola basket ini ada yang namanya forward, forwarf itu adalah posisi utama yang memiliki tugas untuk memasukan bola kedalam ring lawan.

Defense, dan Undering itu memiliki tugas untuk menghadang lawan, dan yang terakhir ini adalah Playmaker.

Didalam permainan bola basket ini, playmaker ini bertugas yang memegang peran untuk memegang alur bola, dan menyusun strategi dalam permainan.

Sejarah Olahraga Basket

sejarah olahraga basket
christianramaw.blogspot.com

Permainan bola basket ini mungkin salah satu olahraga yang amat unik. Olahraga basket ini diwujudkan oleh seorang guru olahraga yang bernama James Naismith.

Bapak James Naismith ini menghasilkan permainan basket hal yang demikian pada tahun 1891.

Beliau adalah Guru olahraga yang berasal dari tempat Kanada, dulu kala James Naismith ini dituntut untuk menghasilkan permainan didalam ruangan yang tertutup.

Mengapa dituntut demikian? Agar para murid-murid dapat mengisi waktu kekosongannya itu dengan bermain permainan hal yang demikian.

Sekitar tanggal 15 Desember tahun 1891, guru olahraga yang bernama James Naismith ini menghasilkan permainan yang amat digemari saat beliau masih kecil/anak-anak.

Nah, itulah basketball yang mana permainan itu saat ini amat diketahui oleh kalangan masyarakat-masyarakat dipenjuru dunia.

Permulaan mula perkembangan olahraga basket ini banyak sekali kalangan-kalangan yang bertentangan dengan permainan olahraga hal yang demikian.

Karena mereka beranggapan bahwa permainan olahraga basket ini terlalu keras, dan olahraga hal yang demikian tak pantas jika dilakukan didalam ruangan yang tertutup

Meski banyak yang bertentengan dengan permainan olahraga basket ini, akibatnya James Naismith memutuskan untuk membuat sebagian undang-undang dasar mengenai permainan bola basket.

Salah satu dari undang-undang permainan hal yang demikian, adalah memasang/menempatkan keranjang (Ring) di dinding ruangan olahraga itu.

Peraturan bola basket

peraturan bola basket
bolanasional.com

Peraturan yang pertama dari permainan bola basket ini adalah, bahwa setiap tim/team yang berkeinginan bermain basket, masing-masing tim/team terdiri dari 9 member pemain.

Pada waktu itu permainan bola basket ini tak menggunakan teknik dribble untuk mengoper bola. Pada waktu itu teknik yang berlaku pada permainan bola basket ini cuma memindahkan bola dengan lemparan tangan.

Setelah diterpakan sebagian undang-undang-undang-undang dasar, para murid-murid pun dipinta untuk memainkan permainan bola basket hal yang demikian.

Permulaan mulanya diadakan pertandingan bola basket ini pada tangal 20 Januari tahun 1892. Pada waktu itu, ada seorang siswa James Naismith yang menyebut bahwa permainan itu disebut dengan nama yang tak asing bagi alat pendengaran kita, adalah Basketball.

Pada akibatnya sesudah diadakan pertandingan itu, saat itu segala orang pun telah mulai mengenal nama dengan nama permainan hal yang demikian, adalah dengan nama Basketball.

Singkat cerita, olahraga basket pun telah mulai menyebar ke Amerika Serikat, dan orang-orang yang ada dipelosok negri pun mulai memainkan permainan bola basket, dan mengadakan persaingan bola basket.

Lambat laun dengan seiring waktu berjalan, pertandingan, dan permainan bola basket ini telah dapat ditemui oleh orang-orang dengan gampang, diseluruh Kota di Negara komponen Amerika Serikat.

Teknik Dasar Dalam Bola Basket

Dari waktu ke waktu, kini perkembangan permainan basket sudah semakin berkembang dan teknik-teknik dasar pada permainan bola basket juga ikut berkembang, yang pada awalnya hanya menggunakan teknik lemparan.

Saya akan sedikit berbagi informasi mengenai teknik-teknik dasar pada permainan bola basket yang wajib kamu ketahui sebagai ilmu pengetahuan tentang olahraga, diantaranya yaitu:

Teknik Menggiring Bola Basket

teknik menggiring bola
olahragadunia.blogspot.com

Didalam perminan bola basket, menggiring bola itu disebut dengan teknik-teknik dasar utama didalam permainan bola basket.

Tujuan dari teknik menggiring bola ini untuk mengihandari musuh-musuh yang berlawanan dengan tim kita, atau untuk mengoper terhadap teman satu tim yang dekat dengan ring musuh/lawan.

Permainan bola basket, dan sepak bola ini, masing-masing permainan hal yang demikian memiliki teknik menggiring dengan metode-caranya sendiri .

Teknik menggiring pada permainan bola basket ini dilakukan dengan memantulkan bola terhadap permukaan lantai lapangan, dengan menggunakan tangan. Sedangkan teknik dribble sendiri (Menggiring) dilakukan dengan menggunakan kaki untuk menggiring bola.

Pada permainan bola basket ini terdapat dua jenis teknik yang digunakan untuk menggiring bola, apa saja teknik-teknik tersebut? Yuk, langsung saja kita simak penjelasannya dibawah ini:

  • Driblling Tinggi: yaitu, teknik Drible tinggi itu dilakukan secara cepat, yang berguna untuk memasuki area pertahanan musuh/lawan. Pada saat pemain sedang memegang bola jauh dari wilayah lawan, dribble tinggi ini juga bisa digunakan dengan cara berlari/berjalan cepat.
  • Dribbling Rendah: Dribbling rendah ini merupakan teknik yang diterapkan untuk melindungi bola dari serangan atau curian musuh. Saat pemain sedang berhadapan langsung dengan lawan, teknik dribble rendah ini dapat digunakan untuk mencari celah ketika musuh sedang lengah.

Macam-macam Teknik Passing/Operan Dalam Bola Basket

Teknik Operan bola basket

Pada permainan bola basket ini , terdapat teknik mengoper/mengumpan bola kepada teman satu tim dengan baik dan benar. Teknik passing bola ini bisa dilakukan dengan cara melempar bola tersebut kearah teman satu tim setelah mendribble/mengiring bola.

Dibawah ini merupakan penjelasan tentang teknik-teknik dalam mengoper/passing bola basket dengan benar:

  • Overhead passing : Teknik overhead passing ini digunakan untuk passing bola dengan melempar bola dari atas kepala. Teknik ini biasanya dipakai pada saat merasa kesulitan karena hadangan lawan yang mengganggu.
  • Baseball Pass : Baseball pass ini merupakan teknik mengoper bola dan lemparan bola tersebut hampir memiliki kesamaan dengan teknik lemparan bola baseball. Teknik ini sering digunakan untuk mengagetkan musuh yang sedang dilawan.
  • Chest Pass : Chest pass merupakan teknik mengoper bola dalam bola basket dengan cara melempar bola dari depan dada dengan menggunakan kedua tangan. Agar tidak gerakan kita tidak mudah terbaca oleh musuh, biasanya pemain bola basket profesional menggunakan teknik tipuan dengan cara berpura-pura mengarahkan lemparannya ke arah yang lain.
  • Bounce Pass : Bounce Pass merupakan teknik mengoper/passing bola dengan cara memantulkan bola ke arah bawah lantai lapangan, supaya diterima oleh teman satu tim dan menghindari halangan musuh.
  • Hook Pass : Hook Pass merupakan teknik yang cara melakukannya hanya menggunakan satu tangan, dengan posisi tangan melipat di atas bahu. Teknik ini dioakai untuk merusak pertahanan dari musuh.
  • Under Pass: Under Pass merupakan teknik mengoper bola basket yang yang dimulai dari arah pinggang.

Teknik Menembak Dalam Bola Basket

teknik menembak dalam bola basket
sbnation.com

Shooting atau menembak bola adalah salah satu dari teknik-teknik dasar dalam bola basket yang wajib kamu kuasai saat bermain. Mengapa? Karena teknik ini merupakan teknik yang wajib kamu gunakan untuk mendapatkan point saat permainan basket dimulai.

Teknik tersebut digunakan untuk memasukkan bola kedalam ring lawan, dengan menggunakan teknik shooting (diam ditempat dan memasukkan bola basket dengan melemparnya dengan satu tangan atau dua tangan).

Teknik jump shoot, yaitu teknik memasukkan bola basket kedalam ring lawan dengan cara melompatkan diri dan melemparkan bola ke arah ring lawan. Teknik lay up, yaitu memasukkan bola basket dengan cara berlari ke arah ring lawan, setelah itu langsung melompatkan badan untuk memasukkan bola basket kedalam ring.

Teknik Rebound Dalam Bola Basket

teknik rebound bola basket
wsj.com

Rebound merupakan teknik yang digunakan untuk mengambil bola yang gagal masuk kedalam ring, teknik rebound sendiri terbagi menjadi 2 bagian, yang pertama rebound defensif (bertahan) dan yang kedua yaitu rebound ofensiv (menyerang.

Rebound ofensif adalah mengambil bola yang dilemparkan dan gagal masuk kedalam ring, setelah itu dimasukkan kembali kedalam ring oleh teman satu tim, jika bola tersebut berhasil masuk kedalam ring, maka tim tersebut akan mendapatkan 2 point.

Sedangkan rebound defensif yaitu teknik merebut bola yang gagal dimasukkan oleh musuh kedalam ring, dan hal tersebut membuat lawan tidak dapat lagi memasukkan bola kedalam ring kita.

Teknik Pivot Dalam Bola Basket

teknik pivot dalam bola basket
si.com

Pivot ini merupakan teknik yang digunakan untuk melakukan gerakan-gerakan yang bisa menipu musuh. Cara melakukannya teknik pivot ini yaitu menggerakkan badan sambil menumpukan badan pada salah satu kaki dan kedua tangan menjaga bola dari serangan musuh.

***

Itulah informasi Sejarah olahraga basket, pengertian, dan cara bermainnya.

Semoga informasi yang saya jelaskan pada artikel ini bisa bermanfaat bagi Kalian yang membacanya.

Jika ada kesalahan cara penyampaiannya atau ada kesalahan kata-kata, karena diri saya pribadi yang menulis mohon maaf apabila kesalahan tersebut ada pada penjelasan dan penempatan pada artikel ini .

Terimakasih telah membaca, dan berkunjung ke Website saya 🙂. Jangan lupa share ya, biar yang lain juga tau!!!

Tinggalkan komentar