Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam bagi Kehidupan Sehari-hari dan Kesehatan

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam – Seorang muslim yang mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Salah satu perintah Allah adalah mengerjakan shalat. Shalat yang wajib dikerjakan adalah shalat fardhu 5 kali dalam sehari semalam. Sedangkan shalat sunnah yaitu shalat yang tidak wajib dilakukan tapi jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan keutamaan.

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
yesmuslim.blogspot.com

Seorang muslim dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnat tahajud setiap malam. Shalat tahajud adalah salah satu shalat sunnat yang dikerjakan pada sepertiga malam antara jam 03.00. Pada waktu ini do’a akan diijabah oleh Allah, malaikat akan turun ke bumi.

Dari Aisyah r.a, beliau berkata :

“Nabi Shalallahu’alaihi Wasallam mengerjakn shalat malam sampai kedua telapak kakinya bengkak, lalu aku bertanya kepada beliau, ‘Mengapa engkau melakuka seperti ini, ya Rasulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni Allah?’ Beliau menjawab, ‘Apakah tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?’.” (H.R Bukhari dan Muslim)

Rasulullah yang sudah dijamin keselamatan dan kebahagiaannya saja masih melakukan shalat tahajud, namun kita kadang masih ragu untuk melaksanakannya.

Seseorang yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud, ia akan bisa mengontrol emosinya, karena memiliki ketenangan dan kedamaian jiwa. Beberapa manfaat shalat tahajud setiap malam adalah sebagai berikut:

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam

1. Menghapus dosa dan mencegah berbuat dosa

Manfaat Shalat Tahajud Setiap malam
wikimedia.org

Shalat tahajud adalah sarana mendekatka diri kepada Allah. Jika kita ingin meminta sesuatu tentu kita harus mendekatkan diri kepada Allah, karena Allah adalah tempat kita meminta. Seperti saat kita ingin meminta ampunan atas dosa yang banyak telah kita perbuat maka kita harus mendekatkan diri kepada Allah agar taubat kita diterima.

Jika shalat tahajud dilakukan secara rutin dan istiqomah orang-orang yang memiliki niat tulus, maka keistimewaan shalat tahajud akan diberikan kepada orang-orang tersebut.

Shalat tahajud memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah media untuk menghapus dosa yang telah lama kita perbuat serta akan mencegah kita melakukan dosa, karena orang yang melakukan shalat tahajud  setiap malam selalu merasa diawasi oleh Allah.

2. Jaminan masuk surga

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
pixabay.com

Orang yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud setiap malam dengan penuh keikhlasan maka jaminannya surga. Sudah jelas diriwayatkan pada sebuah hadits jaminan surga bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud.
Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat.” (H.R Ibnu Majah)

Shalat tahajud merupakan shalat yang dilaksanakan pada sepertiga malam saat orang-orang sedang tidur. Walaupun kelihatan mudah tetapi berat dilaksanakan, jika belum terbiasa Allah akan memberikan balasan surga.

3. Mendapatkan keringanan di yaumul hisab

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
pixabay.com

Saat di akhirat nanti tidak ada yang bisa menolong kita termasuk keluarga kita, teman kita, harta kita dan lainnya. Kecuali hanya satu, yaitu amal kebaikan kita selama di dunia.

Ketika timbangan amal kebaikan kita lebih berat maka kita akan masuk surga, tetapi jika timbangan amal keburukannya lebih berat maka akan masuk neraka. Seorang muslim yang rutin melaksanakan shalat tahajud akan mendapatkan keringan hisab di yaumul hisab nanti.

4. Tanda taqwanya tampak di muka

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam
pixabay.com

Orang selalu melaksanakan shalat tahajud wajahnya akan terihat bersinar. Hatinya akan tertuntun untuk mengerjakan kebaikan-kebaikan karena shalat tahajud mencegah perbuatan tercela. Shalat tahajud akan menjaga keimanan seseorang.

Diriwayatkan Abu Hurairah r.a bahwa Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Setan mengikat dengan tiga ikatan. Masing-masing mereka mengatakan, ‘Engkau masih memiliki malam yang panjang, tidurlah!’ Jika ia bangun dengan menyebut nama Allah, maka terlepas satu ikatan. Jika ia berwudhu, maka lepas ikatan selanjutnya. Dan jika ia mengerjakan shalat, maka terlepas satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi rajin, demikian juga dengan jiwanya. Jika tidak demikian, maka esok harinya jiwanya menjadi kotor dan jiwanya menjadi pemalas.” (H.R Muslim)

5. Mendapatkan cinta dan ridho Allah

Saat orang lain sedang menikmati tidurnya, namun orang mukmin bangun dan memilih meninggalkan kenyamanan tidur dan meninggalkan syahwatnya. Mereka bangun dan melaksanakan shalat tahajud untuk mendekatkan dirinya kepada Allah. Janji Allah nyata bahwa orang yang senantiasa mendekatkan diri dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan.

Allah sangat cinta kepada hambanya yang mau mendekatkan diri kepada-Nya. Do’a apapun yang kita minta akan dikabulkan oleh Allah jika Allah sudah ridho. Sebagai seorang mukmin tentu tidak akan meminta hal-hal selain untuk kebaikan. Hanya Allah yang akan mencukupkan semua kebutuhan kita.

6. Shalat yang paling afdhal setelah shalat wajib

Shalat tahajud dilakukan pada sepertiga malam yang akan memberikan waktu dan suasana yang khusyu’ untuk berdo’a. Diwaktu itu kita bisa menumpahkan segala masalah dan keluh kesah yang kita rasakan kepada Allah.

Dari Ibnu Umar r.a, bahwa ia berkata: Sesungguhnya Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Jadikanlah shalat witir sebagai shalat di malam hari.” (H.R Bukhari, Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i)

Hati kita akan terasa aman, nyaman serta keikhlasan akan tercipta pada setiap kejadian yang menimpa kehidupan kita. Shalat tahajud merupakan shalat yang afdhal setelah shalat fardhu, maka Allah memberikan banyak keeistimewaan kepada orang yang dengan ikhlas melaksanakannya.

7. Dikabulkan do’a

Allah berjanji kepada orang yang mau melaksanakan shalat tahajud, apabila ia meminta sesuatu maka akan dikabulkan, memohon ampun maka Allah akan mengampuni, siapa yang berod’a kepada Allah akan dikabulkan.

Dari Jabir r.a, bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah Shalallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Sesungguhnya pada waktu malam terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba (muslim) meminta kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan meberikannya. Waktu itu teradapat pada setiap malam.” (H.R Muslim)

Pada sepertiga malam malaikat akan turun ke bumi dan memeriksa siapa saja yang berdo’a maka do’anya akan disampaikannya kepada Allah. Do’a yang dipanjatkan pada waktu-waktu mustajab akan dikabulkan Allah. Berdo’alah kepada Allah apa yang menjadi keluh kesahmu, mengadulah kepada Allah maka Allah Maha pengatur segalanya.

8. Diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji

Orang yang melaksanakan shalat tahajud derajatnya akan diangkat oleh Allah. Orang yang melaksanakan sholat tahajud akan diberikan tempat yang berbeda dari orang tidak melaksanakannya shalat tahajud.

Orang yang melaksanakan shalat tahajud akan diberikan derajat dan tempat yang terpuji yang membedakan mana yang beraqwa dan tidak bertaqwa. Kenikmatan dan derajatnya tidak ada yang bisa menyamainya, karena hanya akan diberikan kepada orang yang mau melaksanakan shalat tahajud dengan penuh keikhlasan.

9. Meringankan lamanya berdiri di hari kiamat nanti

Manfaat shalat tahajud setiap malam salah satunya meringankan lamanya berdiri di hari kiamat nanti. Hari kiamat merupakan hari akhir dari kehidupan setiap makhluk dan segalanya di dunia. Semua yang ada di dunia ini pasti mengalami kehancuran.

Pada hari itu tidak ada yang bisa menolong kita, hanya pertolongan Allah dan amal baik yang dapat menolong kita. Maka shalat tahajud akan menolong kita meringankan apapun yang kita rasakan ketika di hari kiamat nanti.

10. Penyebab husnul khotimah

Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan mati. Husnul Khotimah akan menentukan kita masih dalam keadaan islam, beriman atau tidak saat nyawa kita dicabut. Husnul khotimah sangat didambakan oleh semua orang yang beriman. Husnul khotimah merupakan mati dalam keadaan baik dan dijamin masuk surga.

Melaksanakan shalat tahajud akan mengingatkan diri kita kepada Allah, karena ajal pasti akan menjemput kita tanpa kita ketahui. Semoga dengan senantiasa melaksanakan shalat tahajud bisa mengantarkan kita menuju husnul khotimah.

11. Mempercepat tercapainya cita-cita

Setiap manusia pasti ingin cita-citanya tercapai, sebagai seorang yang beriman tentunya akan berusaha, berikhtiar dan senantiasa berdo’a. Usaha tanpa do’a maka sia-sia. Maka dalam mencapai cita-cita berusahalah dan berdo’a pada sepertiga malam setelah shalat tahajud, karena waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab.

12. Menjauhkan diri dari kelalaian hati

Manfaat shalat tahajud setiap malam yang berikutnya yaitu menjauhkan diri dari kelalaian hati. Maka kita akan selalu diingatkan untuk senantiasa mengingat Allah yang Maha besar, sehingga hati kita terhindar dari penyakit hati yang dapat membuat kita lupa dan lalai.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa “Barangsiapa yang melaksanakan shalat malam dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lali. Dan jika membaca dua ratus ayat, maka sungguh akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.”

Manfaat Shalat Tahajud Setiap Malam Untuk Kesehatan

1. Melancarkan aliran darah

Shalat tahajud dilaksanakan pada sepetiga malam, pada waktu itu banyak orang yang masih menikmati tidurnya. Tetapi orang muslim yang bertaqwa dan ingin mendekatkan diri kepada Allah akan bangun dan melaksanakan shalat tahajud.

Shalat tahajud tidak hanya dilakukan untuk berkeluh kesah dan mengadu kepada Allah, tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Pada sepertiga malam udara masih bersih, oksigen belum tercemar dan akan menyehatkan paru-paru kita, melancarkan peredaran darah dan menyehatkan tubuh.

2. Membesarkan rongga paru-paru

Gerakan shalat yang kita kerjakan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu gerakan yang bermanfaat yaitu gerakan takbiratul ihram lalu bersedekap. Gerakan itu akan membuka rongga paru-paru menjadi besar dan akan melancarkan aliran udara menuju paru-paru.

Shalat tahajud yang dilakukan pada sepertiga malam akan mendukung kesehatan tubuh kita karena kita melakukan gerakan-gerakan yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan manfaatnya lebih dibanding olahraga.

3. Pikiran akan tenang dan segar

Aktivitas yang kita lakukan seharian pasti akan membuat badan kita lelah dan butuh istirahat, setelah kita bangun pagi pada sepertiga malam, kita akan merasakan pikiran kita jernih dan segar kembali. Pada waktu ini sangat bagus untuk menyegarkan pikiran kita, sehingga beban hidup akan berkurang.

Mengadulah kepada Allah Sang pemilik alam dan hanya kepada-Nya kita meminta dan Allah akan memberikan apa yang kita minta.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Melaksanakan shalat tahajud di sepertiga malam serta dilakukan dengan gerakan-gerakan akan menjadi terapi penyakit yang ada di tubuh kita. Telah dilakukan riset bahwa secara bioteknologi shalat tahajud dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Hal tersebut akan menjadikan tubuh kita kebal dari serangan penyakit, karena sistem imun kita sudah kuat. Melaksanakan shalat tahajud sangat baik bagi penderita penyakit berat, seperti kanker.

5. Menghindari penyakit infeksi pernapasan

Menurut pakar kesehatan Universitas Indonesia, untuk melakukan gaya hidup sehat yaitu membiasakan diri melaksanakan shalat tahajud. Shalat tahajud akan mendorong tubuh meningkatkan kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit pernapasan.

6. Menjaga Kecantikan dan Ketampanan

Orang yang melaksanakan shalat tahajud akan terjamin kecantikan dan ketampanannya. Manfaat shalat tahajud setiap malam yang satu ini banyak didambakan oleh orang. Shalat tahajud akan menjadi terapi untuk kecantikan dan ketampanan baik secara lahir maupun bathin.


Demikian beberapa manfaat shalat tahajud setiap malam yang dapat kita peroleh, baik itu manfaat yang kita rasakan di dunia maupun manfaat di akhirat kelak. Untuk itu marilah kita tanamkan niat untuk melaksanakan shalat tahajud setiap malam dan selalu istiqomah melaksanakannya.

 

Tinggalkan komentar