Cara Membuat Fidget Spinner Dengan Mudah dan Murah

Cara Membuat Fidget Spinner – Apakah kalian sudah tau dengan mainan pelenyap stress yang satu ini? Namanya Fidget Spinner. Mainan ini awalnya diciptakan pada tahun 1990-an, tetapi fidget spinner ini sangat populer di tahun 2017 ini.

Fidget spinner tidak sulit untuk didapatkan, bahkan kamu bisa membelinya di toko mainan terdekat atau di situs jual beli online.  Selain itu ada cara lain selain membelinya, yaitu cukup dengan membuatnya sendiri di rumah.

Apa Itu Fidget Spinner

Apa itu fidget spinner? Banyak orang yang masih bertanya-tanya dengan benda yang satu ini. Fidget apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia dapat berarti gelisah atau cemas, sedangkan spinner sendiri bermakna pemutar.

Jadi dapat disimpulkan Arti fidget spinner adalah benda yang bisa berputar-putar dengan bantuan bearing atau bantalan yang berporos di dalamnya yang tujuannya untuk mengurangi kebosanan menghindari kejenuhan dan dapat melatih otak.

Asal Usul Fidget Spinner

Dikutip dari “Bloomberg”, sejarah penemuan fidget yang berkembang selama ini sudah salah kaprah. Dua ahli paten bahkan meragukan adanya hubungan antara spinning De-stressor figer toy dan fidget spinner.

“Setelah mengamatinya, mainan itu (Spinning De-stressor finger toy) tidak nampak seperti produk yang sedang ramai dijual pada saat sekarang ini”, ujar Jeffrey Blake, seorang ahli kekayaan intelektual dari firma hukum Merchant &  Gaould.

Hal tersebut langsung dibantah oleh Catherine Hettinger. Ia mengatakan dan mengklaim dirinya sebagai penemu fidget spinner datang dari wikipedia.

Awal mulanya fidget spinner dipakai oleh Catgerine untuk mencegah anak Palestina melempar batu, hal ini tentu tidak masuk akal, emang salah ya kalau anak Palestina melempar batu ke polisi Israel yang seenaknya menyiksa rakyat Palestina? Nggak kan! Itu kan namanya pembelaan dan itu wajib dilakukan! Lanjut!.

Catherine pun mematenkan fidget spinner, akan tetapi hak paten ini hanya berlaku hingga tahun 2005. Hanya saja karena ia tidak mempunyai uang untuk memperpanjang hak paten sebesar $400, orang lain dapat meniru mainan itu secara bebas.

 Manfaat Fidget Spinner

Tidak sedikit orang yang bertanya-tanya apa fungsi dari fidget spinner ini. Sebenarnya tidak ada fungsi khusus dari spinner ini, karean fidget spinner digunakan hanya untuk bermain saja. Akan tetapi tidak banyak orang yang tau kalau ada manfaat besar dari spinner ini.

Biasanya saat seseorang bosan pasti melakukan aktivitas tertentu seperti mengetuk meja ataupun memutar pulpen. Aktivitas tersebut dilakukan secara tidak sadar sebagi respon otak pada kecemasan ataupun keboasanan yang datang. Ternyata aktivitas fidgering ini punya banyak manfaat.

Beberapa diantaranya dapat melatih otak kanan dan juga otak kiri. Aktivitas figering juga bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, melancarkan aliran darah merah dan mengurangi resiko pekerja yang selalu menghabiskan waktunya dengan posisi duduk.

Selain dari itu ada beberapa manfaat lain dari fidget spinner ini diantaranya ialah;

• Melatih otak kanan dan otak kiri
• Meningkatkan konsentrasi
• Menghilangkan stress
• Mengusir waktu bosan (Timmer Killer)
• Menghilangkan kebiasan buruk
• Melatih serta menambah fokus
• Membantu dalam berhenti merokok.

Cara Bermain Fidget Spinner

Mungkin bagi kalian yang baru mengetahui fidget spinner ini bingung bagaimana cara bermainnya. Sebenarnya cara bermain fidget spinner ini mudah dan cukup sederhana, caranya cukup dengan memegang spinner dengan menggunakan ujung jari.

Kemudian pegang bagian tengah fidget spinner yng menjadi porosnya itu dengan menggunakan jempol dan jari telunjuk, lalu jentikan spinner menggunakan jari lain untuk memutarkannya. Biasanya jika spinnernya seimbang serta ikuran bearingnya berkualitas bagus maka putaran yang dihasilkan pun akan bagus juga bahkan hingga beberapa menit.

Jika sudah terbiasa dan mahir memainkannya, kalian bisa mencoba berbagai trik dan variasi-variasi lainnya. Seperti memainkannya dengan menmindah-mindahkan spinner dari jari ke jari, hingga melemparnya ke udara kemudian ditangkap kembali.

Cara Membuat Spinner

Fidget spinner cuma dipakai untuk diputar-putar saja dan ternyata cara membuatnya sangat mudah. Bahkan kita bisa membuat spinner ini secara sederhana dan sesuka hati. Berikut caranya:

1. Fidget Spinner Sederhana

Cara membuat fidget spinner
youtube.com

Cara ini cukup sederhana. Bahan-bahannya juga sangat mudah didapatkan. Pertama, siapkan alat dan bahannya. Alat dan bahan untuk membuat Spinner sederhana yaitu 4 buah bearing yang sudah direndam minyak dan keringkan sisi luarnya, lem super kuat, benang, 2 tang (ukuran besar dan kecil), baut, mur dan gunting.

Setelah semua alat dan bahan terkumpul, selanjutnya kumpulkan 4 bearing tadi, lalu taruh satu bearing sebagai tumpuan, rekatkan dengan lem 3 bearing pada bearing yang menjadi tumpuan dengan jarak 1 bearing.

Setelah lem melekat dengan kuat dan keras, lilitkan semua benang pada bagian yang dilem tadi. Masukkan baut dan mur ke dalam bearing tumpuan, lalu eratkan menggunakan tang.

2. Cap Spinner

cara membuat fidget spinner
youtube.com
  • Cara yang digunakan cukup mudah. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah untuk didapatkan. Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Alat dan bahan yang digunakan untuk membuat cap spinner yaitu 6 buah tutup botol, lem tembak, spidol hitam, paku atau penusuk dan stik kayu (bisa juga menggunakan stik pulpen).
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Setelah semua bahan dan bahan terkumpul, selanjutnya buatlah lubang di tengah kedua tutup botol, lalu gabungkan kedua tutup botol yang sudah dilubangi dengan menggunakan lem. Jangan sampai lubang tertutupi.
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Setelah itu, ukur ketiga tutup botol yang tersisa tadi pada sekeliling tutup botol yang sudah dilubangi. Buat sebisa mungkin jarak antar tutu botol sama dan tandai menggunakan spidol hitam. Selanjutnya, tempelkan ketiga tutup botol tadi pada tanda yang sebelumnya sudah dibuat menggunakan lem.
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Terakhir, masukkan stik kayu ke dalam lubang yang sudah dibuat sebelumnya sampai terlihat pada dua sisi. Potong stik kayu supaya tidak terlalu panjang. Cap Spinner pun kini dapat dimainkan.

Untuk cara yang lebih mudah anda bisa memperhatikan video berikut:

2. Bearing Spinner / Spinner Menggunakan Tali Tie

cara membuat fidget spinner
jalantikus.com

Untuk membuat spinner ini, sebelumnya siapkan 3 bearing (satu bearing berukuran kecil dan dua bearing yang berukuran sedikit besar), cutter, gunting dan 5 kabel tie.

Cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Pertama, lepaskan pelindung dari bearing yang kecil menggunakan cutter. Kemudian setelah itu, tempatkan bearing yang kecil yang terdapat di antara bantalan yang sedikit agak besar.
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Lalu, ambil 3 kabel tie dan ikatkan membentuk segitiga. Simpan bearing-bearing tadi ke dalam segitiga tie wrap, kemudian kencangkan sampai bearing-bearing tersebut tidak terjatuh.
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Ambil 2 tie wrap lagi, lalu ikatkan di bearing tersebut. Terakhir, gunting tie wrap supaya tidak terlalu panjang. Bearing Spinner Siap dimainkan.
Cara membuat fidget spinner
jalantikus.com

Lebih jelasnya simak video berikut:

3. Bearing Spinner 2.0 (Spinner dari lem tembak)

cara membuat fidget spinner
jalantikus.com

Caranya sama dengan cara kedua, tetapi cara ini lebih banyak membutuhkan bearing. Sebelumnya, siapkan 7 buah bearing yang setiap ukurannya sama, lem tembak, superglue, aseton, tongkat kayu (stik), cutter, lap, dan garam.

cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Langkah awal, lepas pelindung pada 4 bearing. Apabila bearing memiliki banyak minyak, cuci bearing menggunakan aseton, lalu keringkan menggunakan lap.
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Letakkan bearing seperti pada gambar, lalu tambahkan superglue pada bearing di sisi yang sudah tidak ada pelindungnya. Hasilnya, akan seperti pada gambar.
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Lalu, tambahkan superglue (lihat gambar) dan tambahkan sedikit garam.
cara membuat fidget spinner
jalantikus.com
  • Selanjutnya, oleskan lem panas pada tepi spinner agar terlihat lebih bagus. Tunggu lem hingga kering. Setelah itu, waktunya memutar spin dan bersenang-senang.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik silahkan simak video berikut:

4. Cara membuat Spinner dengan Ring dan Pencepit Jemuran

Bahan baku yang perlu kamu persiapkan adalah :

  • 1 bearing skateboard
  • 3 buah stik es kirm atau stick craft
  • Selotip (opsional)
  • Ring mesin cuci
  • Lem G
  • Penjepit baju
  • Gunting

Langkah-langkah Membuat

cara membuat fidget spinner
keepsoh.com
  • Potong menjadi dua bagian stick craft yang sudah kamu persiapkan.
  • Warnai stick craft yang sudah kamu potong sesuai warna yang kamu suka.
  • Posisikan stick craft menjadi bentuk segitika dengan bagian tengah berlong untuk menempatkan bearing di tengah.
  • Ambil beberapa selotip untuk membantu menempelkan antar stick craft supaya bisa disambungkan dengan mudah.
  • Letakkan bearing di tengah-tengah stik tadi dan lem menggunakan lem G supaya merekat dengan kuat.
cara membuat fidget spinner
keepsoh.com
  • Tempelkan ring dari besi yang sudah di persiapkan tadi pada ketiga sisi spinner untuk pemberat.
cara membuat fidget spinner
keepsoh.com
  • Tara.., spinner buatan sendiri sudah jadi, tinggal dimainkan untuk menghilangkah rasa stress.

5. Cara Membuat Fidget Spinner Shuriken

cara membuat fidget spinner
fanfitgaming.com

Shuriken adalah senjata yang berasal dari Jepang yang sering digunakan oleh para Ninja untuk mengalahkan musuh. Akan tetapi, di tangan Jhon Heisz, shuriken ini bisa dirubah menjadi fidget spinner yang bisa membantu mengatasi masalah stress.

Dengan berbekal keahlian mengolah besi, Jhon Heisz bisa membuat spinner shuriken yang keren. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat spinner shuriken ini seperti : besi, lem, dan bearing.

Besi dibentuk menyerupai shuriken dengan lobang di tengah untuk tempat di pasangnya bearing. lalu direkatkan dengan lem perekat. Spinner shuriken sudah siap untuk di mainkan.

Berikut Tutorial cara membuatnya:

6. Cara Membuat Fidget Spinner dari Origami

cara membuat fidget spinner
youtube.com

Fidget spinner yang satu ini tidak kalah uniknya dengan spinner yang lain, sama dengan spinner shuriken, Origami juga berasal dari Jepang. Origami biasanya digunakan untuk membuat gambaran hewan atau benda yang ada di bumi.

Simak tutorialnya:

7. Cara Membuat Fidget Spinner Menggunakan Ice Cream Stick

Mungkin bagi yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang dan ingin cara yang simpel bisa mencoba membuat spinner ini. Selain dari bentuknya dan bahannya yang unik, kita juga tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Berikut tutorial pembuatannya:

Mudah bukan…

8. Cara Membuat Fidget Spinner Dari Rantai

Fidget Spinner yang satu ini tidak kalah uniknya

9. Cara Membuat Fidget Spinner Dari Lampu LED

Fidget Spinner yang satu ini punya nilai plus

Bonus!

10 Fidget Spinner yang wajib kalian coba

Cara mempercepat dan membersihkan bearing

Itulah beberapa cara membuat fidget spinner, tentunya sangat mudah dan juga tidak memerlukan modal banyak bukan. Kalian bisa membuat fidget spinner ini pada hari libur dengan teman dan keluarga. Selamat mencoba!!

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Fidget Spinner Dengan Mudah dan Murah

Tinggalkan komentar